NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL DAN KESESUAIANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP

Authors

  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.164

Abstract

ABSTRACT

This study aims to describe the values of character education contained in Novel  Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin by  Tere Liye. Research is designed with descriptive qualitative approach the type of library research. Data analysis was conducted with qualitative descriptive techniques through activities of categorization, tabulation, and inference. The results showed, first  there there are five character education values, including 1) religious, 2) integrity, 3) independent, 4) nationalist, and  5) mutual cooperation. Second,  after studying the aspect of language, psychology, and cultural, this novel deserves to be used as teaching materials for literature in junior school.

 

Keywords: character educational values, novel, teaching materials for literature

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye dan kesesuainnya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Penelitian ini didesain dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan  teknik deskriptif kualitatif melalui kegiatan kategorisasi, tabulasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama terdapat lima nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel yaitu; 1) religius, 2) integritas, 3) mandiri, 4) nasionalis, dan gotong royong. Kedua, setelah dikaji dari aspek bahasa, psikologis, dan budaya, novel ini layak dijadikan bahan ajar di SMP.

 

Kata kunci: nilai-nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar sastra

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Muhyidin, A. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL DAN KESESUAIANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 7(1), 174–188. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.164