PERANAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Authors

  • Meita Setianing Mulyadi Mulyadi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gigit Mujianto Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.63

Keywords:

pengelolaan kelas, peran guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk peran pengelolaan kelas (manajemen kelas) yang diolah oleh guru dan peran guru dalam pengelolaan kelas di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini mencakup tentang bentuk dan peran guru dalam proses pengelolaan kelas. Sumber data yakni  guru dan peserta didik kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Proses pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung di dalam kelas. Teknik analisis data  menggunakan teori John Afifi dan Padmono. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Bentuk pengelolaan kelas yang diolah guru guna mengembangkan keterampilan menulis. (2) Peran guru dalam pengelolaan kelas untuk mengembangkan keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2020-03-29

How to Cite

Mulyadi, M. S. M., & Mujianto, G. (2020). PERANAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 73–87. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.63