STRATEGI PEMBELAJARAN LITERATURE CIRCLES DALAM KETERAMPILAN MENULIS FEATURE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI GOOGLE DOCS SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENULISAN POPULER
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v5i2.71Keywords:
strategi literature circles, menulis feature, media aplikasi google docsAbstract
Strategi literature circles dengan pemanfaatan media aplikasi google docs dapat dijadikan solusi sebagai alternatif strategi bagi dosen, mahasiswa, dan pustakawan. Strategi ini terbagi menjadi tiga tahap, yakni sesi pengenalan buku, sesi kooperatif, dan sesi presentasi serta evaluasi. Strategi literature circles berpijak pada keterampilan membaca, tetapi akan terintegrasi dengan keterampilan berbahasa lainnya, yakni menyimak, berbicara, dan menulis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran literature circles dalam menulis feature, mendeskripsikan kemampuan menulis feature mahasiswa, dan mengetahui keefektifan strategi pembelajaran literature circles dalam keterampilan menulis feature dengan pemanfaatan media aplikasi google docs sebagai alternatif pembelajaran menulis populer. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one pretest postest group design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Berdasarkan penelitan ini pada saat sesi kooperatif, strategi literature circles dengan pemanfaatan media aplikasi google docs sangat membantu mahasiswa dan dosen berinteraksi dan berdiskusi. Hasil penelitian juga menunjukkan strategi literature circles dengan menggunakan media google docs efektif diterapkan dalam menulis feature. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai keterampilan menulis feature sebelum perlakuan sebesar 62,55, sedangkan rata-rata nilai keterampilan menulis feature setelah perlakuan sebesar 68,0364.