https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/issue/feed Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia 2025-03-31T16:35:55+00:00 Eli Herlina, S. S., M. Pd. eliherlina3108@gmail.com Open Journal Systems <p>Bahtera Indonesia: Indonesian Language and Literature Research Journal is a scientific periodical journal published twice a year (March and September) which publishes original research results about the results of research or literature studies. This journal aims to develop concepts, theory, perspective, paradigm, and methodology in the study of language education and science literature.</p> https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/717 PENJARA SEBAGAI SITUS PENDISIPLINAN TUBUH PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN DI TITIK NOL KARANGAN NAWAL EL-SAADAWI 2025-01-12T05:53:20+00:00 Heri Samtani samtaniheri@gmail.com <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Dalam tatanan kehidupan masyarakat, tubuh acapkali menjadi objek kuasa. Tubuh senantiasa dimanipulasi oleh kuasa, baik dalam arti ‘anatomi’ seperti yang dilakukan oleh tenaga medis, maupun dalam arti ‘strategi politis’ yang bersifat mengatur, mengkontrol dan mengendalikan. Lewat mekanisme penjara, tubuh perempuan menjadi objek kepatuhan demi menghindari konsekuensi hukum. Hal ini tergambar jelas lewat tokoh Firdaus dalam novel Perempuan di Titik Nol karangan Nawal el-Saadawi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan berlandaskan teori docile bodies Foucault. Teori tersebut berkaitan dengan analisis Michael Foucault mengenai cara kerja penjara dan sistem panoptikon dalam mengendalikan tubuh manusia. Tujuan penelitian ini yaitu menunjukkan cara kerja situs penjara sebagai alat untuk mendisiplinkan tubuh perempuan dalam novel Perempuan di Titik Nol karangan Nawal el-Saadawi. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya peran pejara sebagai situs pendisiplinan tubuh perempuan dalam novel Perempuan di Titik Nol. Tubuh perempuan dikendalikan oleh relasi kuasa&nbsp; melalui tiga hal, yaitu ancaman penjara, ketergantungan profesi, dan hukuman mati.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/854 ANALISIS POTENSI ANAK TUNAWICARA DALAM KETERBATASAN BERINTERAKSI DI MASYARAKAT 2025-01-12T05:55:11+00:00 Sekar Kirana Wulandari sekarkirana23@upi.edu Junaheni Afifah junaheni11@upi.edu Andien Rizkyas Yasmin andienry@upi.edu Saripah Saripah saripah21@upi.edu Siti Hamidah sitihamidah@upi.edu <p>Anak tunawicara memiliki keterbatasan dalam berinteraksi di masyarakat, tetapi mereka memiliki potensi seperti orang normal lainnya. Hal ini dikarenakan organ bicara seperti mulut, lidah, langit-langit mulut, dan pita suara tidak berfungsi. Maka dari itu, anak tunawicara berinteraksi di masyarakat menggunakan komunikasi nonverbal atau bahasa isyarat. &nbsp;Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk keterbatasan anak tunawicara dalam berinteraksi; (2) cara pandang masyarakat terhadap keterbatasan anak tunawicara; (3) implementasi potensi anak tunawicaea di masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode tinjauan sistematik (systematic literature review). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk keterbatasan anak tunawicara, yaitu tidak mempunyai kemampuan atau kesempatan untuk menyuarakan pendapat dan gagasannya kepada orang yang ingin mereka tuju. Cara pandang masyarakat terhadap keterbatasan anak tunawicara saat ini banyak masyarakat yang sering memandang sebelah mata anak-anak tunawicara karena keterbatasan mereka dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara normal dengan sesama. Implementasi potensi anak tunawicara di masyarakat ketika anak tunawicara sudah mencapai tahap takut untuk berinteraksi mereka tidak dapat membentuk hubungan dengan orang lain di lingkungannya dan bisa menjadi penyebab utama para anak tunawicara kesulitan untuk menentukan atau mengambil peran sosial. Meskipun demikian, anak tunawicara memiliki keterbatasan dalam berinteraksi verbal dan menggunakan komunikasi nonverbal seperti bahasa isyarat. Namun, mereka tetap mendapatkan pendidikan yang sama dengan manusia normal untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Peran orang tua dan satuan pendidikan memiliki peran penting untuk anak tunawicara agar mereka bisa lebih percaya diri di lingkungannya.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/871 ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA 4 TAHUN MELALUI PENGUKURAN MEAN LENGTH OF UTTERENCE DALAM ASPEK FONOLOGI DAN SINTAKSIS 2025-01-12T05:55:49+00:00 Ina Septiani inaseptiani77333@gmail.com Hendra Setiawan hendra.setiawan@fkip.unsika.ac.id <p style="text-align: justify; margin: 12.0pt 0cm 12.0pt 0cm;"><span lang="EN-US" style="color: black;">Penelitian ini merupakan pemerolehan bahasa pada anak yang berusia 4 tahun. Tujuannya adalah untuk menjelaskan hasil analisis pemerolehan bahasa melalui pengukuran mean length of utterence dalam aspek fonologi dan sintaksis. Penelitian ini difokuskan pada perhitungan MLU. Dalam penelitian diperoleh dari 1 informan, terdiri atas satu perempuan. Data dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif. Langkah penelitian berupa pengumpulan data, analisis data, dan penyampaian&nbsp; hasil analisis. Pada tahap penyediaan data dengan teknik simak, wawancara dan rekaman. Pada analisis data menggunakan pendekatan sinkronik. Penelitian ini menunjukkan bahasa anak berada pada tahap III, sehingga perkembangan bahasanya masih rendah, terdapat pengucapan fonem yang belum sempurna yaitu bunyi /R/ saat dia mengucapkan bunyi /R/ yang dilafalkannya bunyi /L/. Adapun kelas kata yang sudah dikenal oleh Nabila seperti Nomina (N), verba (V) Adjektiva (Adj), Numeralia (Num), Preposisi (Pre), dan Konjungsi (K).</span></p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/876 ANALISIS WACANA KRITIS PEMBERITAAN PERUNDUNGAN SISWA SD OLEH SURAT KABAR ONLINE KUMPARAN 2025-02-13T07:45:10+00:00 Adwidya Yoga adwidya.s.yoga@mail.ugm.ac.id <p>Artikel ini didasari oleh adanya perundungan yang marak terjadi di dunia pendidikan. Alih-alih semakin berkurang dengan adanya undang-undang dan peraturan, peristiwa perundungan yang bahkan sampai berujung pada kematian kian marak terjadi. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis ingin menelusuri bagaimana pemberitaan terhadap dugaan kasus perundungan. Data dikumpulkan dari berita dengan judul “Sekolah soal Siswa Dirundung hingga Kaki Diamputasi: Tak Ada, Hanya Bercanda”, yang diluncurkan oleh media <em>online </em>Kumparan pada tanggal 1 November 2023. Kutipan yang berupa tuturan kemudian dilihat secara kritis menggunakan perspektif analisis wacana kritis milik Teun A. van Dijk. Penelusuran tersebut menemukan bahwa <em>Kumparan</em> menempatkan diri pada pihak yang ditindas. Hal ini selaras dengan perspektif kekritisan dari van Dijk bahwa adanya analisis wacana kritis adalah untuk membantu menyebarkan suara dari pihak yang tertindas. Implikasi penelusuran ini diharapkan dapat terus menyuburkan semangat para pegiat media massa untuk terus berpihak pada pihak yang mengalami marjinalisasi, penindasan, deskriminasi, dan ketidakadilan lainnya.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/911 PENERAPAN TEKNOLOGI DI KURIKULUM MERDEKA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS XI INTAN PARIWARA 2025-01-12T05:58:02+00:00 Cintia Yuliani cintiayuliani16@gmail.com Siti Maisun Rofifah rofifahmaisun54@gmail.com <p>Kelayakan buku teks mempengaruhi perkembangan peserta didiknya, sehingga perlu untuk dikaji lebih dalam kelayakan isi buku teks yang sesuai dengan ketentuan kurikulum. Kurikulum Merdeka ini memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik dibangku sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan teknologi di Kurikulum Merdeka pada buku teks Bahasa Indonesia kelas XI terbitan Intan Pariwara. Data dalam penelitian ini berupa teknologi yang ditetapkan dalam buku teks tersebut. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni buku teks Bahasa Indonesia kelas XI terbitan Intan Pariwara di Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian terdapat tiga macam media pembelajaran berbasis teknologi yang ditetapkan di buku teks Bahasa Indonesia kelas XI terbitan Intan Pariwara di Kurikulum Merdeka yakni media visual, media audio, dan media audio visual. Media visual ditemukan 10 penerapan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu google drive, internet, IPusnas, media cetak atau online, file digital, dan alamat link. Media audio ditemukan dua penerapan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu radio dan podcast. Media audio visual ditemukan sembilan penerapan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu QR Code, Zoom, Whatshapp video, YouTube, Televisi, Video rekaman, Facebook, Instagram, dan Tiktok.</p> <p> </p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/913 IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS PLURIKULTURAL DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2025-01-12T05:58:42+00:00 Aurora Afrani auroraafrani2002@gmail.com Suhartono Suhartono suhartono@unesa.ac.id Yuniseffendri Yuniseffendri yuniseffendri@unesa.ac.id <p>Peran bahasa sebagai media komunikasi dalam pembelajaran menjadi bagian penting yang perlu dikuasai oleh pemelajar dan pengajar. Melalui hal tersebut, tujuan komunikasi akan lebih mudah tercapai karena saling memahami maksud masing-masing, termasuk memahami makna implikatur. Keberadaan implikatur dalam situasi pembelajaran sering kali digunakan baik secara sadar maupun tidak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menginterpretasikan makna implikatur percakapan dalam pembelajaran BIPA berbasis plurikultural di Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif bersifat deskriptif dengan sumber data berupa rekaman tuturan serta hasil pengamatan langsung dalam pembelajaran BIPA level 3. Data penelitian ini merupakan tuturan pemelajar dan pengajar BIPA level 3 yang mengandung implikatur percakapan. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi partisipan dan wawancara dengan melibatkan teknik rekam, simak, dan catat. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis melalui lima tahap analisis penelitian kualitatif meliputi penguraian, penafsiran, perangkuman, penyimpulan, dan perekomendasian. Analisis data juga mengacu pada metode agih guna menemukan bentuk kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikatur percakapan dalam pembelajaran BIPA berbasis plurikultural di Universitas Negeri Surabaya teridentifikasi memuat implikatur percakapan umum, implikatur percakapan khusus, serta implikatur percakapan berskala.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/925 DOMINASI ASPEK PSIKOLOGI TOKOH AJO KAWIR DALAM FILM SEPERTI DENDAM RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS: KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD 2025-02-27T17:08:49+00:00 Syahulla Bartha Lythia syahullabl@students.unnes.ac.id Ikvina Hasanatika ikvinahasan@students.unnes.ac.id Vina Ayu Damayanti vinaayu15@students.unnes.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aspek psikologi tokoh Ajo Kawir dalam film <em>Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas</em>; (2) mengidentifikasi aspek psikologi yang mendominasi tokoh Ajo Kawir dalam film <em>Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas</em>. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini berwujud potongan-potongan adegan atau dialog dari tokoh Ajo Kawir dalam film <em>Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas</em> yang mengindikasikan adanya aspek psikologi sesuai teori Sigmund Freud. Sedangkan, sumber data yang digunakan yaitu film Seperti <em>Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas</em> karya sutradara Edwin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pendekatan psikologi sastra melalui teori psikoanalisis Sigmund Freud. Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan adanya sembilan belas data yang menggambarkan aspek psikologi sesuai dengan teori psikoanalisis Sigmund Freud, diantaranya yaitu delapan aspek <em>id</em>, enam aspek <em>ego</em>, dan delapan aspek <em>superego</em>. Temuan tersebut menunjukkan bahwa kepribadian Ajo Kawir didominasi oleh aspek <em>id</em> dan <em>superego</em>.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/927 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI 2025-01-12T05:59:17+00:00 Hesti Irasandya irasandyahesti@gmail.com Agus Setyonegoro agussetyonegoro@unja.ac.id Priyanto Priyanto priyanto@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran <em>project based learning</em>&nbsp;terhadap keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII yang dilakukan di MTs Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2024. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah <em>True Eksperimen </em>dengan desain <em>pretest-posttest control group design </em>dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII K sebagai kelas kontrol yang sama-sama terdiri dari 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui teknik random sampling yaitu dengan mengundi populasi kelas VIII yang terdiri atas 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 192 siswa di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes menulis teks pidato pada kedua kelompok kelas. Diberikan perlakuan model pembelajaran <em>project based learning</em><em>&nbsp;</em>pada kelas&nbsp;VIII J sebagai&nbsp;kelas&nbsp;eksperimen, sedangkan kelompok kontrol yaitu kelas VIII K tidak diberikan perlakuan serupa. Data penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain untuk melihat dan mengukur pengaruh model pembelajaran <em>project based learning</em>&nbsp;melalui gain skor dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah gain skor didapat, dilakukan uji independent sample t test guna melihat apakah terdapat pengaruh signifikan yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dianaisis serta diuraikan dalam pembahasan. Maka data diperoleh dari hasil pretest-posttest pada kelas eskperimen yang mana penggunaan model pembelajaran <em>project based learning</em>&nbsp;berpengaruh pada penulisan teks pidato pada aspek struktur teks dan unsur kebahasaan. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 53,50 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 55,88. Kemudian nilai rata-rata posttest pada kelas konrol 64,31 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 79,34. Hasil uji T nilai signifikansi 2 tailed 0,000 &lt; 0,05 sehingga hipotesis nol Ho ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran <em>project based learning</em>&nbsp;memiliki pengaruh pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII yang dilakukan di MTs Negeri 2 Kota Jambi.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/931 PELECEHAN VERBAL DAN STEREOTIP DALAM CERPEN RONDA KARYA RATNA AYU BUDHIARTI 2025-01-12T08:20:50+00:00 Muhammad Syifa ibnuzain2811@gmail.com Dina Amalia dina.amalia23@mhs.uinjkt.ac.id Siti Zahra Maulida zahra.maulida23@mhs.uinjkt.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk <em>pelecehan verbal</em> yang dialami tokoh utama perempuan dalam cerpen Ronda karya Ratna Ayu Budhiarta meliputi <em>psychological violence</em> godaan serta gurauan yang mengarah kepada seksualitas serta membahas stereotip masyarakat terkait perempuan yang telah ditinggal pasangan (janda) terhadap tokoh utama cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti; (2) unsur intrinsik cerpen <em>Ronda </em>karya Ratna Ayu Budhiarti yang meliputi tema, alur, latar, dan penokohan. Terdapat beberapa data pada penelitian ini yang meliputi kata, frase, kalimat, dan ungkapan dalam cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti. Sedangkan cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti ini yang dijadikan sebagai objek analisis dari penelitian. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. (1) Unsur intrinsik cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti meliputi: (a) tema cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti yaitu mengangkat isu sensitif tentang ketidakadilan terhadap perempuan, khususnya untuk perempuan yang ditinggal pasangan dalam menghadapi prasangka dan pelecehan verbal, juga menghadapi pandangan miring hanya karena status seorang janda; (b) cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti ini menggunakan alur maju; (c) latar cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; (d) tokoh cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti yaitu terdapat satu tokoh utama dan tiga tokoh tambahan; (e) sudut pandang cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama “aku” sebagai tokoh tambahan. (2) Bentuk <em>psychological violence</em> yang dialami tokoh utama perempuan cerpen <em>Ronda</em> karya Ratna Ayu Budhiarti yaitu berupa perilaku tidak pantas dan juga pengucapan kata-kata yang tidak pantas.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/941 ANALISIS STRATEGI PENERJEMAHAN METAFORA PADA LAGU ‘GOODBYE YELLOW BRICK ROAD’ KARYA ELTON JOHN 2025-01-12T08:19:31+00:00 Putri Amalia Dwi Pitasari putriamaliadp@student.uns.ac.id Roby Danisalam robydanisalam@student.uns.ac.id Dherysha Auria Maysalluna dheryshaauria@student.uns.ac.id Fenty Kusumastuti fentykusumastuti@staff.uns.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan strategi penerjemahan metafora yang terdapat pada lagu ‘Goodbye Yellow Brick Road’ karya Elton John dan mendeskripsikan jenis metafora yang terdapat pada lagu ‘Goodbye Yellow Brick Road’ karya Elton John. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lirik lagu yang mengandung istilah metafora, baik dalam versi bahasa Inggris (BSu) maupun bahasa Indonesia (BSa). Kemudian sumber data diperoleh dari salah satu video yang diunggah oleh kanal YouTube Najamayz dengan judul “Elton John - Goodbye Yellow Brick Road Lirik dan Terjemahan”. Penelitian ini menggunakan teknik penyediaan data berupa metode simak dan teknik catat. Setelah itu, data akan dianlisis menggunakan metode agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam lagu ‘Goodbye Yellow Brick Road’ terdapat tiga strategi penerjemahan metafora, yakni meliputi strategi penerjemahan metafora bahasa sumber ke dalam metafora bahasa sasaran yang sama, penerjemahan metafora dalam bahasa sumber ke dalam metafora yang sama dalam bahasa sasaran dan disertai penjelasan tentang makna metafora, serta penerjemahan metafora bahasa sumber ke dalam metafora yang berbeda dalam bahasa sasaran, tetapi memiliki makna yang sama dengan metafora dalam bahasa sumber. Selain itu, ditemukan pula empat jenis metafora yang meliputi metafora berjenis standar, klise, orisinal, dan kontemporer.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/944 ASESMEN FORMATIF BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: ANALISIS BIBLIOMETRIK 2025-01-12T08:20:07+00:00 Endah Tri Kusumawati endahtrikusumawati@gmail.com Imam Safi’i imamsafii2077@uhamka.ac.id Ade Hikmat adehikmat@uhamka.ac.id <p>Aktivitas asesmen formatif&nbsp; berbasis digital yang lebih efisien, interaktif, akomodatif dan reflektif untuk berbagai tujuan penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia&nbsp; menjadi kebutuhan guru karena masih rendahnya kemampuan literasi dan indeks aktivitas literasi pada peserta didik di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk memberikan informasi dan memecahkan masalah tersebut melalui studi analisis bibliometrik terhadap topik asesmen formatif berbasis digital. Tujuan dari studi&nbsp; ini adalah untuk mengidentifikasi tren publikasi ilmiah tentang asesmen formatif berbasis digital dalam pembelajaran bahasa. Metode yang digunakan bibliometric dengan mengumpulkan data artikel dari tahun 2000-2022 melalui jurnal dari database Scopus dan dicari dengan bantuan Perangkat lunak PoP (Publish or Perish). Hasil penelitian menunjukkan keterbatasan jurnal publikasi yang benar-benar memenuhi kriteria bersinggungan dengan asesmen digital, asesmen formatif dan asesmen pembelajaran bahasa. Hal ini menciptakan peluang kebaruan bagi peneliti untuk dapat mengkaji lebih lanjut asesmen formatif berbasis digital dalam pembelajaran bahasa.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/950 URGENSI PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS BUDAYA YOGYAKARTA BAGI TINGKAT PEMULA USIA ANAK 2025-01-12T08:23:02+00:00 Ignatius Dimas Adi Suarjaya dimasadisuarjaya@gmail.com R. Kunjana Rahardi kunjana.rahardi@gmail.com B. Widharyanto bwidharyanto@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kebutuhan bahan ajar dan media pembelajaran dalam pembelajaran BIPA bermuatan budaya Yogyakarta bagi penutur asing tingkat pemula, mengembangkan bahan ajar BIPA bermuatan budaya Yogyakarta bagi penutur asing tingkat pemula, dan mendeskripsikan penilaian bahan ajar BIPA bermuatan budaya Yogyakarta bagi penutur asing tingkat pemula. Kuantitatif deskriptif digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Penggunaan media pembelajaran teknologi menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikkan. Melalui penggunaan media, pemelajar BIPA terkhusus untuk tingkat pemula usia anak akan lebih mudah untuk mempelajari materi BIPA. Setelah dilakukan pengumpulan dan pengolahan data, diperoleh skor 3,6 pada poin media pembelajaran teknologi, serta skor 3,8 pada poin media audio visual. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat keperluan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran BIPA tingkat pemula usia anak.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/955 KETIDAKADILAN GENDER DALAM LIRIK LAGU TARLING DANGDUT 2025-01-12T08:24:07+00:00 Moh. Fajrul Alfien fajrulalfien_30@student.uns.ac.id Nugraheni Eko Wardani nugraheniekowardani_99@staff.uns.ac.id <p>Ketidakadilan gender masih menjadi fenomena yang sering terjadi di tengah masyarakat. Hal tersebut tidak hanya terjadi di kehidupan nyata, tetapi juga terdapat pada hasil dari produk kebudayaan seperti karya sastra, iklan, dan lagu. Pnelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk ketidakadilan gender pada lirik lagu tarling dangdut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini ialah lagu tarling dangdut pantura. Data dalam penelitian ini berupa lirik lagu tarling dangdut yang memuat bentuk ketidakadilan gender. Teknik pengampilan sampel yang digunakan ialah teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Hasil dari penelitian ini menununjukkan bahwa lagu-lagu tarling dangdut berjudul <em>Keloas, Pecak Welut, Wayu Colongan, Dermayu Hongkong, Ngobor Kodok, Rong Puluh Ewu, Mabok Tuak, </em>dan<em> Selangkung Rong Langkung </em>memuat bentuk ketidakadilan gender meliputi subordinasi, stereotip, kekerasan, dan beban kerja ganda.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/957 PEMBELAJARAN IKLAN JASA BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SMPN 4 BANGUNTAPAN 2025-01-12T08:25:45+00:00 Lela Setiani laasetia.7@gmail.com Siti Rochmiyati rochmiyati_atik@ustjogja.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan berbahasa siswa melalui penulisan iklan jasa berbasis project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C dengan jumlah 31 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran iklan jasa dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan berbahasa siswa, khususnya pada keterampilan berbicara serta keterampilan menulis. Peningkatan jiwa kewirausahaan siswa kelas VIIIC dapat dilihat dari persentase pada setiap siklusnya, yaitu tahap prasiklus sebesar 59,74; tahap siklus I sebesar 79,78; dan tahap siklus II sebesar 87,26. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIIIC dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada setiap siklusnya, yaitu tahap prasiklus sebesar 25; tahap siklus I sebesar 57,14; dan tahap siklus II sebesar 85,71. Selanjutnya, peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIIIC dilihat dari rata-rata setiap siklusnya, yaitu tahap prasiklus sebesar 56; tahap siklus I sebesar 70,29; dan tahap siklus II sebesar 83,8. Maka dari itu, dapat disimpulkan pembelajaran teks iklan jasa berbasis project based learning berhasil untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan berbicara serta menulis pada siswa.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/960 REPRESENTASI LEMAHNYA HUKUM DAN KETIDAKADILAN DI INDONESIA BAGI PENYINTAS KEKERASAN SEKSUAL DALAM FILM PENYALIN CAHAYA KARYA WREGAS BHANUTEJA 2025-01-12T08:28:19+00:00 Cantika Eka Rahmah H cantikarahmah23@upi.edu Yostiani Noor Asmi Harini yostiani@upi.edu <p>Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan representasi lemahnya hukum dan ketidakadilan di Indonesia bagi penyintas kekerasan seksual dalam film <em>Penyalin Cahaya</em> karya Wregas Bhanuteja<em>.</em> Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan, ialah analisis isi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui analisis isi menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film <em>Penyalin Cahaya </em>memperlihatkan gambaran bagaimana kekerasan kekerasan seksual terjadi tanpa kita sadari dan dilakukan oleh orang terdekat kita. Kekerasan seksual/pelecehan seksual bisa terjadi dimanapun bahkan kapanpun. Dalam penelitian ini, representasi yang muncul selain memberikan gambaran kekerasan seksual, yaitu merepresentasikan adanya bentuk kelemahan hukum dan ketidakadilan bagi penyintas kekerasan seksual terjadi adanya relasi kuasa dan juga ideologi kelas dalam film <em>Penyalin Cahaya</em>. Relasi kuasa terjadi pada pelaku yang mempunyai kuasa yang paling tinggi sehingga korban dibuat bungkam lemah tak berdaya untuk menyuarakan kebenaran.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/969 STRATEGI KOMUNIKASI PADA SINIAR “CURHAT BANG” DALAM KANAL YOUTUBE DENNY SUMARGO 2025-01-12T08:28:54+00:00 Rahma Nadia Islamiah rahmanadia532@gmail.com Rahayu Pujiastuti rahayu_pujiastuti@unipasby.ac.id <p>Communication carried out by sources and presenters in podcasts requires certain communication strategies so as not to cause misunderstandings when understanding the message. Based on this, the aim of this research is to describe the form of communication strategy in the "Curhat Bang" podcast broadcast on Denny Sumargo's YouTube channel, June 2023 edition. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The data for this research is in the form of the speakers' statements. The data source in this research is Denny Sumargo's "Curhat Bang" podcast, June 2023 edition. This research data was collected using documentation techniques, download techniques and observation techniques. The data analysis procedure is carried out by examining the data, transcribing, classifying and codifying, interpreting and concluding the results of data analysis. The validity of the data in this research is in the form of theoretical triangulation and method triangulation. The results of this research provide information that the communication strategies used in the "Curhat Bang" podcast broadcast on the June 2023 edition of Denny Sumargo's YouTube channel, namely (1) avoidance strategies, include avoiding topics and ignoring messages; (2) paraphrasing strategies, including approximations, creating new words, and rambling (description); (3) transfer strategy, including literal translation and code mixing; (4) strategy for requesting assistance; (5) strategy for using gestures (mime).</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keywords: Communication strategy, Tarone concept, podcast.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/992 UNSUR KEKERASAN DALAM ADAPTASI CERITA RAKYAT “SANGKURIANG” 2025-02-11T14:05:06+00:00 Agus Nasihin agusnasihin68@unwir.ac.id <p>Sampai saat ini cerita rakyat terus diproduksi, diceritakan ulang, dan diadaptasi. Sebagai kisah yang tidak dikenal penulisnya, cerita rakyat menjadi lahan subur bagi penulisan ulang atau adaptasi. Dalam proses adaptasi terjadi pengurangan atau penguatan. Pengurangan dapat berupa penghilangan atau pereduksian, sedangkan penguatan dapat memperluas atau menambahkan anasir baru. Salah satu unsur yang sering melekat pada cerita rakyat adalah unsur kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji wujud unsur kekerasan yang terdapat pada produk adaptasi cerita rakyat “Sangkuriang” yang terdapat dalam media digital yang berbentuk teks naratif, komik, dan animasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa unsur-unsur kekerasan dalam bentuk fisik, psikologis, dan seksual masih melekat dalam produk adaptasinya. Unsur-unsur kekerasan tetap dipertahankan dalam produk adaptasinya karena merupakan peristiwa utama. Selain itu, unsur kekerasan merupakan bagian dari konflik yang menjadi daya tarik sebuah cerita.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/1002 TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA LAGU “GALA BUNGA MATAHARI” YANG DIPOPULERKAN OLEH SAL PRIADI 2025-02-11T14:01:16+00:00 Restu Aditia restuaditia@students.unnes.ac.id <p>Lagu merupakan salah satu media seseorang untuk menyampaikan sebuah informasi, pesan, atau perasaan secara tersirat sehingga memungkinkan terjadinya multitafsir oleh pembacanya. Oleh karena itu, perlunya analisis yang mendalam untuk meminimalisir terjadinya multitafsir dalam sebuah lagu melalui analisis tindak tutur. Dalam tindak tutur memiliki tiga jenis, yaitu lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tindak tutur ilokusi menurut Teori Searle yang terdapat dalam lagu "Gala Bunga Matahari" yang dipopulerkan oleh Sal Priadi. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan pragmatik, di mana fokus utama adalah pada bagaimana makna dan tujuan komunikasi tersampaikan melalui lirik lagu. Data diperoleh dari lirik lagu yang kemudian dikategorikan berdasarkan jenis tindak tutur, seperti asertif, deklaratif, komisif, ekspresif, dan direktif. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penggunaan tindak tutur ilokusi, yaitu 8 kutipan direktif, 5 kutipan asertif, 3 kutipan ekspresif, 2 kutipan komisif, dan 1 kutipan deklaratif. Selain itu, menunjukkan bahwa lagu ini kaya akan ilokusi yang mencerminkan emosi dan harapan, serta menciptakan kedekatan antara penyanyi dan pendengar. Temuan ini mengindikasikan bahwa lirik lagu memiliki fungsi selain sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai medium untuk menyampaikan pesan emosional yang mendalam. Diharapkan dengan adanya penelitian ini akan memberikan dampak terkait hubungan bahasa dengan musik dan meminimalisir multitafsir.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/1023 REDUPLIKASI PADA SURAT KABAR DIGITAL SINDONEWS.COM SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP 2025-01-12T08:29:23+00:00 Indriani Nurul Fadhilah 2222200058@untirta.ac.id Asep Muhyidin muhyidin21@untirta.ac.id Ade Anggraini Kartika Devi adekartikadevi@untirta.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan (1) mendeskripsikan bentuk reduplikasi pada surat kabar digital <em>Sindonews.com</em>, (2) mendeskripsikan makna reduplikasi pada surat kabar digital <em>Sindonews.com</em>, dan (3) mendeskripsikan implikasi reduplikasi pada surat kabar digital <em>Sindonews.com</em> terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan sebagai metode penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Bentuk reduplikasi yang diperoleh terdiri atas bentuk pengulangan seluruh sejumlah 76 data, pengulangan sebagian sejumlah 3 data, pengulangan yang dikombinasikan dengan afiksasi sejumlah 8 data, dan pengulangan dengan modifikasi fonem sejumlah 1 data. Makna reduplikasi yang diperoleh meliputi makna ‘banyak’ sebanyak 73 data, makna ‘tindakan dilakukan berulang kali’ sebanyak 5 data, makna ‘tindakan dilakukan dengan santainya atau senangnya’ sebanyak 2 data, makna ‘tindakan dilakukan dua pihak dan saling mengenai’ sebanyak 1 data, makna ‘tingkat tertinggi yang dapat dicapai’ sejumlah 6 data, dan menunjukkan intensitas perasaan sejumlah 1 data. Hasil temuan penelitian ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar teks laporan hasil observasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII Kurikulum Merdeka.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/1065 ANALISIS PESAN MORAL PADA KUMPULAN PUISI SAGARA AENG MATA OJAN KARYA LUKMAN HAKIM AG. 2025-02-11T14:01:54+00:00 Sulis Sityaningsih sulissityaningsih@gmail.com Nur Ma'rifatus Solihah nurmarifatussolihah@gmail.com Kholifatur Romadani kholifaturromadani@gmail.com Mas'odi Mas'odi masodi@stkippgrisumenep.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan menganalisis pesan moral dalam kumpulan puisi "<em>Sagara Aeng Mata Ojan</em>" karya Lukman Hakim AG. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, penelitian ini mengeksplorasi nilai-nilai moral yang terkandung dalam puisi. Data primer diperoleh dari kumpulan puisi, sementara data sekunder berasal dari berbagai referensi pendukung. Analisis difokuskan pada tiga aspek moral utama: hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi-puisi Lukman Hakim AG kaya akan pesan moral yang mendalam. Dalam hubungannya dengan Tuhan, puisi-puisi tersebut mencerminkan kesadaran spiritual dan ketaatan. Pada aspek hubungan dengan diri sendiri, puisi mengajak pembaca untuk melakukan introspeksi dan pengembangan diri. Sementara dalam konteks hubungan sosial, karya-karyanya menekankan pentingnya interaksi harmonis dengan lingkungan dan sesama. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa kumpulan puisi "<em>Sagara Aeng Mata Ojan</em>" berhasil menyampaikan pesan moral yang kompleks dan inspiratif. Melalui penggunaan metafora dan simbolisme yang kuat, Lukman Hakim AG mengajak pembaca untuk merenungkan nilai-nilai kebaikan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/1223 CITRA SASTRA DAN MORAL DALAM CERPEN BULAN OKTOBER PADA SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT 2025-02-11T14:02:29+00:00 Inayah Isnaini Faizah inayah.faizah96@gmail.com Wahyu Yuliana yulianafingerstyle@gmail.com Arif Setyawan Setyawan_arif@untidar.ac.id <p><em>A short story is a work of fiction that usually focuses on an event, has a single plot, and has a relatively short and limited time scope. This research aims to describe the intrinsic structure and manifestation of moral values ​​in the short story October on Kedaulatan Rakyat. The research method for this study is descriptive qualitative. The data collection technique for this research uses reading and note-taking techniques for short stories. The steps for collecting data are by reading the short story carefully, recording appropriate data, identifying and clarifying the data. This research study is a structural study that focuses on the harmony between the intrinsic elements of short stories. The results of this research are (1) divine moral values, (2) individual moral values, and (3) social moral values. These three values ​​consist of positive and negative moral values. All actions that are based on religious and social norms are positive values, while behavior based on one's own will is a negative value</em><em>.</em></p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/1230 EFEKTIVITAS METODE HYPNOTIC SPEED WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI CERPEN 2025-02-11T14:05:38+00:00 Nana Triana Winata nana.winata@unwir.ac.id Imas Juidah imas.juidah@unwir.ac.id Ine Musfiroh Saniyatunisa inesannisa3@gmail.com <p>Menulis resensi cerpen merupakan salah satu keterampilan menulis yang menuntut kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sistematis. Namun, banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis resensi karena kurangnya pemahaman struktur, minimnya ide, serta rendahnya motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode <em>hypnotic speed writing</em> dalam meningkatkan keterampilan menulis resensi cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>pretest-posttest control group design</em>, dengan subjek penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan metode <em>hypnotic speed writing</em> dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji statistik t-test <em>for Equality of Means</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai pretest 72 meningkat menjadi 88 pada posttest. Sementara itu, pada kelas kontrol, rata-rata nilai hanya meningkat dari 70 menjadi 80. Hasil uji t-test menunjukkan nilai t = -14.868 dengan Sig. (2-tailed) = 0.000, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, metode <em>hypnotic speed writing</em> terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis resensi cerpen dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode <em>hypnotic speed writing</em> dalam pembelajaran menulis untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas peserta didik.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/1232 IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM MENULIS TEKS HIKAYAT SISWA KELAS X SMKN 1 SINDANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 2025-02-11T14:07:10+00:00 Silpiah Silpiah piasilpiah584@gmail.com Eli Herlina eli.herlina@unwir.ac.id Saroni Saroni saroni@unwir.ac.id <p>ABSTRAK</p> <p>Hikayat adalahkarya sastra lama berbentuk prosa dari Melayu yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah<strong>.&nbsp;</strong>Isi cerita hikayat biasanya bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan dari sifat-sifat tersebut. Salah satu karakteristik dari teks hikayat yaitu menggunakan kata arkais (kata-kata kuno), sehingga membedakan teks hikayat dengan teks lainnya. Wayang, sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, memiliki potensi besar dalam meningkatkan kreativitas dan ketertarikan siswa dalam menulis teks naratif seperti hikayat.</p> <p>Kegiatan pembelajaran hendaknya didukung dengan media pembelajaran yang menarik agar mempermudah siswa untuk memahami materi yang disampaikan dan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Pada penelitian ini menggunakan media wayang sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi penggunaan media wayang sebagai bahan ajar dalam pengajaran menulis teks hikayat di tingkat pendidikan menengah. Metode penelitian ini menggunakan pra-eksperimen yang terdapat <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang sebagai bahan ajar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks hikayat siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran, terlihat dari peningkatan kualitas teks hikayat yang dihasilkan, baik dari segi struktur, alur cerita, maupun penggunaan bahasa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci:</strong>&nbsp; media wayang, bahan ajar, menulis teks hikayat, kreativitas, pendidikan menengah</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Hikayat is an old literary work in the form of prose from Malay that contains stories, laws, and genealogy. The content of the saga story is usually fictional, religious, historical, biographical, or a combination of these characteristics. One of the characteristics of the saga text is the use of the word archais (ancient words), so as to distinguish the saga text from other texts. Wayang, as one of Indonesia's cultural heritage, has great potential in increasing students' creativity and interest in writing narrative texts such as tales.</em></p> <p><em>Learning activities should be supported with interesting learning media to make it easier for students to understand the material presented and can create a fun learning atmosphere. In this study, puppet media is used as the learning medium. This study aims to explore the implementation of the use of puppet media as a teaching material in teaching the writing of fairy tale texts at the secondary education level. This research method uses pre-experiments with pre-tests and post-test. The results of the study show that the use of puppet media as a teaching material can significantly improve students' ability to write fairy tale texts. Students become more involved and motivated in the learning process, as can be seen from the improvement in the quality of the resulting fairy tale texts, both in terms of structure, storyline, and language use.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> puppet media, teaching</em> materials, writing fairy tale texts, creativity, secondary education</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><br></strong> <strong><br></strong></p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/1056 PEMEROLEHAN FONOLOGI PADA RAYYANZA MALIK AHMAD DALAM KANAL YOUTUBE RANS ENTERTAINMENT 2024-12-05T04:36:44+00:00 Siti Rohanah sitirohana21902@gmail.com Dodi Firmansyah sitirohana21092@gmail.com Sundawati Sundawati sitirohana21092@gmail.com <p>Penelitian ini berfokus pada kajian pemerolehan fonologi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemerolehan yang sudah diperoleh anak berusia 2 tahun, seperti pemerolehan bunyi vokal, pemerolehan bunyi konsonan, dan pemilihan suku kata yang diujarkanya. Subjek penelitian ini adalah Rayyanza Malik Ahmad yang merupakan anak sepasang selebriti. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berasal dari ujaran dan dialog yang dianalisis melalui media <em>YouTube </em>pada kanalnya RANS Entertainment menggunakan teknik simak dan catat. Data yang dihasilkan kemudian ditulis menjadi kalimat dan paragraf berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan. Hasil pada penelitian ini sebanyak 12 data yang sudah meliputi pemerolehan fonologi yang sudah diraih oleh Rayyanza Malik Ahmad, seperti pemerolehan vokal, pemerolehan konsonan, dan pemilihan suku kata.</p> 2025-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia