PENGUASAAN BAHASA PADA ANAK MENDEKATI MASA PESAT KOSA KATA

Authors

  • Andi Sutisno Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v3i1.21

Keywords:

Ujaran, kosakata, masa pesat kosa kata

Abstract

Pada awal perkembangannya, kemampuan berbahasa manusia tidak serta merta langsung mampu berkomunikasi secara lengkap. Dengan kata lain, ada tahapan-tahapan tertentu dalam pemerolehan bahasa. Kajian mengenai pemerolehan bahasa masuk dalam wilayah kajian psikolinguistik. Psikolinguistik merupakan studi yang berkaitan dengan penggunaan bahasa dan perolehan bahasa oleh manusia. Dalam ilmu ini pemerolehan bahasa pada anak juga dibahas dan dipelajari. Minat terhadap bahasa anak mulai timbul pada dekade pertama abad ke-20. Setiap anak memiliki cara untuk membentuk pemahaman dan menghasilkan kata-kata ketika berbicara. Pertanyaan yang muncul kemudian, apakah perolehan bahasa pada anak semata-mata merupakan hasil imitasi terhadap lingkungannya atau karena kreativitas anak yang timbul secara spontan?Perkembangan kosakata pada anak terjadi pada usia sekitar 13 bulan, pada usia tersebut anak sudah menguasai sekitar 50 buah kata, tetapi baru sekitar usia 19 bulan, anak dapat secara produktif mengeluarkan kata-kata itu. Anak usia antara 2,5 sampai 4,5 tahun merupakan masa pesat-pesatnya kosakata itu berkembang. Berdasarkan latar belakang tersebut saya pun tertarik untuk menghitung ujaran anak pada usia 2,2 tahun, alasannya untuk mengetahui penguasaan bahasa pada anak ketika mendekati masa pesat kosakata. Pedoman yang digunakan untuk menghitung jumlah ujaran yang dikuasai mengacu pada ukuran yang ditetapkan oleh Roger Brown (Mar’at, 60: 2009), yang dikenal dengan istilah Main Length of Utterance (MLU). MLU ini diperoleh dengan cara jumlah morfem dibagi jumlah ujaran.

Downloads

Published

2018-03-01

How to Cite

Sutisno, A. (2018). PENGUASAAN BAHASA PADA ANAK MENDEKATI MASA PESAT KOSA KATA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31943/bi.v3i1.21