PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA SMPN 1 BANGUNTAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1001Keywords:
Keterampilan menulis, deskripsi, model, FlashcardAbstract
Masih kurangnya keterampilan menulis siswa kelas IX di SMPN 1 Banguntapan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pentingnya keterampilan menulis untuk bekal menghadapi asesmen daerah dan peningkatan kemampuan komunikasi efektif siswa melalui media tulis menjadi sorotan guru. Rendahnya hasil asesmen awal dan kesulitan pengembangan ide menulis teks deskripsi pertanda diperlukannya media pembelajaran yang mampu menjadi solusi. Penggunaan flashcard merupakan solusi sebab sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajar siswa untuk meningkatkan keterampilan menulisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi dengan media flashcard pada siswa SMPN 1 Banguntapan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan mulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan penyajian data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus hingga mencapai target penelitian yang diawali dengan kegiatan prasiklus. Pada kegiatan prasiklus didapatkan rata-rata 65,7 sedangkan siklus I didapatkan rata-rata 75,5 dan rata-rata siklus II 88,5. Rata-rata pada kegiatan prasiklus masih berada dalam kriteria kurang, siklus I berada pada kritertia cukup, dan siklus II berada pada kriteria baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard pada pembelajaran menulis teks deskripsi di SMP Negeri 1 Banguntapan kelas IX mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa menjadi lebih optimal.