REDUPLIKASI PADA SURAT KABAR DIGITAL SINDONEWS.COM SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Authors

  • Indriani Nurul Fadhilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ade Anggraini Kartika Devi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.1023

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Reduplikasi, Surat kabar digital

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) mendeskripsikan bentuk reduplikasi pada surat kabar digital Sindonews.com, (2) mendeskripsikan makna reduplikasi pada surat kabar digital Sindonews.com, dan (3) mendeskripsikan implikasi reduplikasi pada surat kabar digital Sindonews.com terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan sebagai metode penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Bentuk reduplikasi yang diperoleh terdiri atas bentuk pengulangan seluruh sejumlah 76 data, pengulangan sebagian sejumlah 3 data, pengulangan yang dikombinasikan dengan afiksasi sejumlah 8 data, dan pengulangan dengan modifikasi fonem sejumlah 1 data. Makna reduplikasi yang diperoleh meliputi makna ‘banyak’ sebanyak 73 data, makna ‘tindakan dilakukan berulang kali’ sebanyak 5 data, makna ‘tindakan dilakukan dengan santainya atau senangnya’ sebanyak 2 data, makna ‘tindakan dilakukan dua pihak dan saling mengenai’ sebanyak 1 data, makna ‘tingkat tertinggi yang dapat dicapai’ sejumlah 6 data, dan menunjukkan intensitas perasaan sejumlah 1 data. Hasil temuan penelitian ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar teks laporan hasil observasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII Kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Fadhilah, I. N. ., Muhyidin, A. ., & Devi, A. A. K. . (2025). REDUPLIKASI PADA SURAT KABAR DIGITAL SINDONEWS.COM SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 196–204. https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.1023