KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA PODCAST PADA SISWA KELAS X.1 SMAS MUHAMMADIYAH MARTAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1112Keywords:
Cerita rakyat, kemampuan menyimak, SiniarAbstract
Penelitian ini mengkaji kemampuan menyimak cerita rakyat melalui siniar pada siswa kelas X.1 SMAS Muhammadiyah Martapura, dilatarbelakangi oleh menurunnya minat siswa mempelajari cerita rakyat tradisional di era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian melibatkan teknik purposive sampling dengan metode pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan siniar efektif meningkatkan kemampuan menyimak siswa, yang ditandai dengan tiga aspek utama: (1) tingkat konsentrasi optimal karena kualitas audio dan musik latar yang mendukung, (2) pemahaman baik terhadap unsur intrinsik cerita meskipun masih ada kesulitan memahami pesan tersirat, dan (3) kemampuan interpretasi dan apresiasi nilai cerita rakyat sesuai latar belakang pengetahuan budaya siswa. Siniar terbukti menjadi media pembelajaran interaktif dan menarik.