PENGGUNAAN CAMPUR KODE SMA ISLAM AL AZHAR 1 JAKARTA DAN SMAN 31 JAKARTA

Authors

  • Alya Zaini Adesti Universitas Negeri Jakarta
  • Halimatussa’diah Halimatussa’diah Universitas Negeri Jakarta
  • Nayla Mahira Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1133

Keywords:

campur kode, remaja SMA, studi perbandingan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan campur kode di kalangan remaja SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta dan SMAN 31 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menemukan bahwa siswa di SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta lebih sering menggunakan campur kode ke luar (outer code mixing) dengan didominasi oleh bahasa Inggris dengan data sebanyak 14 data campur kode. Sementara itu, siswa di SMAN 31 Jakarta menggunakan campur kode kombinasi antara campur kode ke luar (outer code mixing) dan campur kode ke dalam (inner code mixing) dengan data sebanyak 11 data. Variasi bentuk campur kode menunjukkan bahwa SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta lebih kreatif dalam membentuk campur kode, dan SMAN 31 Jakarta lebih kreatif dalam penggunaan bahasa campur kode. Penelitian ini memperkaya kajian studi perbandingan sosiolinguistik dan berguna bagi guru dan pembuat kebijakan untuk merancang pembelajaran bahasa Indonesia agar tepat sasaran.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Adesti, A. Z., Halimatussa’diah, H., & Mahira, N. (2025). PENGGUNAAN CAMPUR KODE SMA ISLAM AL AZHAR 1 JAKARTA DAN SMAN 31 JAKARTA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 10(2), 428–442. https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1133