EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SCRACTH WEB PADA CALON GURU UNTUK PEMBELAJARAN KREATIF DAN INTERAKTIF DI KELAS
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1139Keywords:
Scratch Web, media pembelajaran, pembelajaran kreatif dan interaktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Scratch Web sebagai media pembelajaran kreatif dan interaktif oleh mahasiswa calon guru kelas 5A PBSI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup aspek frekuensi penggunaan, kemudahan akses, manfaat, pengaruh terhadap pembelajaran, serta tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar mahasiswa belum terbiasa menggunakan Scratch Web, mayoritas dari mereka mengakui bahwa platform ini efektif dan mudah digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Sekitar 65% mahasiswa merasa platform ini mudah digunakan, dan 95% responden menyatakan bahwa Scratch Web membantu meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran. Selain itu, 90% responden percaya bahwa Scratch Web memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Tantangan yang dihadapi mencakup aspek teknis, seperti coding, serta hambatan infrastruktur, seperti koneksi internet. Penelitian ini mengindikasikan bahwa Scratch Web memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dalam pembelajaran kreatif dengan catatan perlu adanya pelatihan lebih lanjut bagi mahasiswa untuk mengoptimalkan penggunaannya.