KEMAMPUAN BERBICARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNADAKSA PADA KONTEN VIDEO "INSPIRATIF TEGAR & FAISAL, TUNADAKSA YANG MEMILIKI BANYAK PRESTASI"
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1157Keywords:
bahasa, berbicara, kemampuan, Tunadaksa, videoAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini membahas pengalaman dan tantangan yang dihadapi oleh dua individu tunadaksa, Faisal dan Tegar, dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka berdua memiliki latar belakang yang berbeda, namun memiliki kesamaan dalam menghadapi keterbatasan fisik yang mempengaruhi aktivitas mereka. Faisal, seorang anak dengan keterbatasan fisik di bagian tangan dan kaki, dan Tegar, yang mengalami leg length discrepancy(LLD) pada bagian kaki, berbagi cerita tentang bagaimana mereka mengatasi kesulitan fisik dan sosial yang muncul akibat kondisi mereka, namun tidak menutup kemungkinan untuk mereka menjadi anak yang berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai perjuangan mereka, serta strategi adaptasi yang mereka gunakan untuk mencapai kemandirian dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat. Melalui wawancara dan observasi, penelitian ini juga menyoroti pentingnya dukungan sosial dan kebijakan aksesibilitas untuk tunadaksa dalam menciptakan kesempatan yang setara dalam berbagai aspek kehidupan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pandangan bagi para pembuat kebijakan, lembaga sosial, dan masyarakat umum untuk lebih memperhatikan kebutuhan dan hak-hak penyandang disabilitas khususnya tunadaksa.
Kata Kunci: Bahasa, Berbicara, Kemampuan,Tunadaksa, Video.
Abstract
The aim of this research is to discuss the experiences and challenges faced by two quadriplegic individuals, Faisal and Tegar, in living their daily lives. They both have different backgrounds, but have similarities in dealing with physical limitations that affect their activities. Faisal, a child with physical limitations in the hands and feet, and Tegar, who experiences leg length discrepancy (LLD) in the legs, share stories about how they overcome the physical and social difficulties that arise due to their condition, but do not close the possibility for them become an outstanding child. This research aims to understand more deeply their struggles, as well as the adaptation strategies they use to achieve independence and participate actively in society. Through interviews and observations, this research also highlights the importance of social support and accessibility policies for the physically disabled in creating equal opportunities in various aspects of life. It is hoped that the results of this research will provide insights and views for policy makers, social institutions and the general public to pay attention to the needs and rights of people with disabilities, especially the physically impaired.
Keywords: Ability, Language, Physically Disabled, Speaking, Video.