DESKRIPSI KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PALOPO

Authors

  • Suparman Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.116

Keywords:

berbicara, model, student, facilitator, and explaining, siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan pada jumlah populasi yang diteliti. Hal ini mengacu pada jumlah populasi yang kurang dari 30 orang, sehingga penulis menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes (pretest dan posttest) serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripstif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining, yaitu dari jumlah sampel 20 siswa yang telah diberikan tes, 70% siswa memperoleh nilai ≥75, sedangkan 30% yang memperoleh nilai ≤75. Hasil dalam penelitian ini merupakan sebuah tantangan bagi guru yang dianggap berhasil dalam mengantarkan materi pelajaran kepada siswa.

 

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Suparman. (2021). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PALOPO. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 149–161. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.116