RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRT BERBANTUAN APLIKASI CANVA DI KELAS VII

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1271

Keywords:

teks prosedur, Culturally Responsive Teaching (CRT), canva

Abstract

PenelitianGiniGbertujuanGuntuk mengetahui implementasiGpendekatangGCulturally ResponsiveGTeaching (CRT) yang dipadukan dengan media Canva dalam pembelajaran teks prosedur di SMPN 2 Indramayu. PendekatanGCRT dianggap sesuai dengan latar belakang budaya lokal pesertaGdidik, sedangkan Canva digunakan untuk memperkuat visualisasi materi yang dikemas secara menarik. Metode yangGdigunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan responden 31 peserta didik kelas VII I. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi, ketertarikan, dan pemahaman peserta didik, ditandai dengan kenaikan nilai rata-rata dari 57,74 menjadi 91,94. Pendekatan ini terbukti efektif, inovatif, dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Ajijah, N., Juidah, I., Nasihin, A., & Kurniyah, Y. (2025). RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRT BERBANTUAN APLIKASI CANVA DI KELAS VII. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 10(2), 520–527. https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1271

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>