PERSEPSI DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DALAM TUGAS AKADEMIK PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

Authors

  • Asri Nuranisa Dewi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1274

Keywords:

ChatGPT, kejujuran akademik, pembelajaran, persepsi dosen, tugas akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dosen terhadap penggunaan ChatGPT dalam tugas akademik mahasiswa di Universitas Islam Bandung. Masalah yang diangkat adalah potensi dampak negatif penggunaan ChatGPT terhadap kejujuran akademik, usaha mahasiswa, dan kualitas tugas akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang diisi oleh tujuh dosen pengajar Bahasa Indonesia. Analisis data meliputi perhitungan mean, median, modus, dan standar deviasi dari tanggapan responden terhadap berbagai aspek penggunaan ChatGPT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen sering mengamati penggunaan ChatGPT oleh mahasiswa dan menilai bahwa teknologi ini memiliki dampak negatif terhadap usaha, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dosen juga mengungkapkan kekhawatiran terkait keaslian tugas dan potensi plagiarisme. Namun, dosen juga mengakui potensi ChatGPT sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa memahami materi pelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meskipun ChatGPT memiliki manfaat, terdapat kebutuhan mendesak untuk pengembangan kebijakan dan pedoman khusus terkait penggunaannya, serta pelatihan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengoptimalkan manfaat dan meminimalkan dampak negatif teknologi ini. Implementasi saran ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjaga integritas akademik.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Dewi, A. N. (2025). PERSEPSI DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT DALAM TUGAS AKADEMIK PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 10(2), 528–544. https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1274