ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL THE SUN OF THE RAIN KARYA VIONA PRAMESWARI

  • Cindy Viera Heryningtias Cindy Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Een Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Triyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Analisis struktural, nilai pendidikan karakter, pentingnya menganalisis

Abstract

Analisis Struktural dan nilai pendidikan karakter dalam Novel The Sun Of The Rain. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur yang ada di dalam novel The Sun Of The Rain; (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terapat di dalam novel The Sun Of The Rain. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Hasil penelitiannya sebagai berikut: (1) Analisis struktural; tema novel The Sun Of The Rain adalah persahabatan dan percintaan. Alur yang digunakan adalah alur campuran. Penokohan nya terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Pelataran yang digunakan adalah latar waktu, latar tempat dan latar sosial. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama sebagai tokoh utama. Gaya bahasa yang digunakan adalah litotes, retorika, alegori; (2) Nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel The Sun Of The Rain adalah tanggung jawab, rasa hormat, keberanian, kejujuran, peduli dan ketekunan. Penelitian ini juga penting untuk mengetahui bagaimana caranya menganalisis struktural dan nilai pendidikan karakter dalam sebuah novel. Sebagai sebuah pengetahuan apa saja struktural dan nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel The Sun Of The Rain Karya Viona Prameswari.

Published
2021-09-02
How to Cite
Cindy, C. V. H., Nurhasanah, E., & Triyadi, S. (2021). ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL THE SUN OF THE RAIN KARYA VIONA PRAMESWARI. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 6(2), 292-299. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.136