KAJIAN TERHADAP NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN “RUMAH MALAM DI MATA IBU” KARYA ALEX R. NAINGGOLAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR

Authors

  • Eny Tarsinih Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.18

Keywords:

Kumpulan Cerpen, Perilaku di LingkunganSosia, Nilai Sosial, dan Bahan Ajar

Abstract

Banyak remaja yang berperilaku tidak sesuai dengan nilai sosial yang ada di masyarakat, guru dan siswa belum secara optimal mengambil pelajaran dari nilai sosial yang terkandung dalam karya sastra, bahan ajar sastra di SMA sangat kurang, karena guru biasanya hanya mengajarkan apa yang disajikan dalam buku paket siswa saja, dan media yang digunakan masih monoton.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah dalam  penelitian ini sebagai berikut.  (1) Bagaimana struktur cerpen yang terdapat dalam kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan? (2) Bagaimana nilai-nilai sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan (3) Apakah semua cerpen dalam kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan dapat dijadikan sebagai bahan ajar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan sosiologi sastra, struktur cerpen, nilai sosial, dan bahan ajar.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Cerpen-cerpen  yang terdapat pada kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan memuat tema antara lain Asmara, kurangnya kasih sayang dalam keluarga, dan sulitnya perekonomian keluarga; menggunakan alur maju menggunakan sudut pandang pesona pertama dan ketiga, mengandung amanat antara lain kesabaran dan keikhlasan menjalani hidup, dan menghargai orang lain, (2) nilai sosial yang terdapat dalam cerpen Rumah Malam di Mata Ibu Karya Alex R. Nainggolan, antara lain persahabatan, hormat pada orang tua, dan rela berkorban; (3) cerpen tersebut menggunakan bahasa sehari-hari, terdapat pembelajaran yang dapat mereka pelajari di usia remaja seperti hormat kepada orang tua dan rela berkorban demi orang lain; (4) model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif karena karya sastra khususnya cerpen terdapat persoalan yang harus dipecahkan dan dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa, sehingga dengan model tersebut siswa menganalisis dan  mempelajari bagaimana hubungan karya sastra dengan kehidupan.

 

Kata kunci: kumpulan cerpen, perilaku di lingkungan sosial, nilai sosial, dan bahan ajar

Downloads

Published

2018-09-01

How to Cite

Tarsinih, E. (2018). KAJIAN TERHADAP NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN “RUMAH MALAM DI MATA IBU” KARYA ALEX R. NAINGGOLAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 70–81. https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.18

Most read articles by the same author(s)