PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL OLEH TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI SD INPRES MISIR

Authors

  • Petronela Theresia Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.20

Keywords:

Program Remedial, Tutor Sebaya, KOnsep Bahasa Indonesia, Siswa

Abstract

Dalam pengajaran disekolah pun, khususnya pengajaran Bahasa Indonesia, guru senantiasa berusaha agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bahasa Indonesia yaitu mendeskripsikan benda, namun dalam kenyataannya masih banyak siswa yang tidak dapat memahami konsep bahasa Indonesia tentang mendeskripsikan benda sebagaimana yang diharapkan oleh guru. Hal ini dapat diketahui rendahnya daya serap siswa dalam memahami konsep bahasa Indonesia yaitu mendeskripsikan benda meskipun telah diusahakan dengan baik oleh guru. Kesulitan siswa dalam memahami konsep Bahasa Indonesia tentang mendeskripsikan suatu gambar merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh guru. Jika guru memberikan ulangan atau tes yang diberikan oleh guru. Jika guru memberikan ulangan atau tes pada setiap pokok bahasan hasilnya 50% siswa mendapat nilai di bawah rata-rata, dan hanya sedikit siswa (50%) yang mendapat nilai di atas karena mereka telah memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Untuk itu sangat penting bagi guru untuk memberikan bantuan baik berupa perlakuan ataupun cara-cara memahami bahan pelajaran. Oleh sebab itu salah satu bantuan yang bisa dilakukan guru adalah dengan pemberian program remedial yaitu suatu bentuk kegiatan yang bersifat menyembuhkan, membetulkan atau mengajar kembali, sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Kata Kunci : Program Remedial, Tutor Sebaya, Konsep Bahasa Indonesia, Siswa

Downloads

Published

2018-09-01

How to Cite

Theresia, P. (2018). PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL OLEH TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI SD INPRES MISIR. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 3(2), 109–114. https://doi.org/10.31943/bi.v3i2.20