KAJIAN SOSIOLINGUISTIK : ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM VIDEO PODCAST DEDY CORBUZIER DAN CINTA LAURA

Authors

  • Meity Suratiningsih Universitas Pasundan Bandung
  • Puspita Yeni Cania Universitas Pasundan Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.209

Abstract

Abstrak

Bahasa itu bersifat  arbitrer yakni digunakan untuk berkomunikasi secara manasuka dan dicirikan dengan simbol atau lambang. Seseorang yang tengah berkomunikasi selalu menggunakan alih kode dan campur kode. Salah satunya adalah yang terdapat pada video podcast Dedy Corbuzier. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji alih kode dan campur kode yang digunakan oleh Dedy Corbuzier Bersama bintang tamunya yaitu Cinta Laura yang berjudul “ Cinta Laura kiehl  buat cowo yang mau deketin…” Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif yang bersifat dekstiftif analisis.  Dari analisis keduanya terdapat dua Bahasa yang digunakan ketika berkomunikasi tersebut antara lain Indonesia dan Inggris. Dari penggunaan Bahasa ditemukan  ungkapan-ungkapan  yang merupakan alih kode dan campur kode. Alih kode dan campur kode dalam video itu dilatarbelakangi sebab Cinta Laura merupakan artis berdarah campuran ]Indonesia – Jerman yang memang besar dengan menggunakan dua Bahasa.

kata kunci : bilingulaisme, alih kode, campur kode.

 

Abstract

Language is arbitrary, that is, it is used to communicate arbitrarily and is characterized by symbols or symbols. Someone who is communicating always uses code switching and code mixing. One of them is found in Dedy Corbuzier's video podcast. This study aims to examine the code switching and code mixing used by Dedy Corbuzier with his guest star, Cinta Laura, entitled "Love Laura kiehl for guys who want to be close..." This research method is a qualitative method with descriptive analysis. From their analysis, there are two languages ​​used when communicating, including Indonesian and English. From the use of language, it is found that the expressions are code-switching and code-mixing. The code-switching and code-mixing in the video was motivated by the fact that Cinta Laura is an Indonesian-German mixed-blood artist who is really big and uses two languages.

Key word: bilingualism, code mixing, code switching

 

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Suratiningsih, M., & Yeni Cania, P. (2022). KAJIAN SOSIOLINGUISTIK : ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM VIDEO PODCAST DEDY CORBUZIER DAN CINTA LAURA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 244–251. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.209