KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.210Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa Indonesia siswa sekolah dasar (SD) dalam pembelajaran oneline (daring) di masa pandemi Covid-19 dengan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD dan guru kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran oneline (daring) siswa kelas 4 SD Laboratorium UMP dengan guru terdapat pematuhan tuturan prinsip kesantunan Geoffrey Leech dengan 6 maksim dan pelanggaran tuturan prinsip kesantunan Geoffrey Leech dengan 4 maksim. Dalam pembelajaran oneline, siswa menunjukkan kesantunan dengan guru. Namun, masih terdapat ketidaksantunan siswa dalam berkomunikasi dengan guru. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media (platform) baru dalam pembelajaran sehingga siswa tidak menyimak dan memperhatikan pelajaran sehingga siswa kurang memperhatikan kesantunan berbicara dengan guru dan teman.
Kata kunci: kesantunan berbahasa, bahasa Indonesia, siswa SD, pembelajaran daring (online), p andemi Covid-19