PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 5 RANTAU BAYUR
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.255Keywords:
Model CIRC, teks ulasan, keterapilan menulisAbstract
Dengan menggunakan model ini diharapkan menjadi alternatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru terhadap siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama dalam keterampilan menulis pada siswa kelas VIII SMP N 5 Rantau Bayur terhadap sasaran penelitian yang dilakukan. Menggunakan metode kuantitatif eksperimen hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen mencapai 83,5 dengan menggunakan perlakuan yang artinya sudah mencapai angka KKM, sedangkan rata-rata untuk kelas kontrol hanya 65,91 yang tidak mencapai KKM. Berdasarkan uji homogenitas data yang dilakukan didapatkan hasil F hitung sebesar 1,25 dan F tabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 2,01, hal ini menunjukkan bahwa F hitung < F tabel sehingga dapat dikatakan bahwa data kedua varian ini homogen. Untuk pengujian hipotesis nya diperoleh t hitung 38,32 dan t tabel 1,678 ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP N 5 Rantau Bayur.
Kata Kunci : Model CIRC, Teks ulasan,Keterampilan Menulis