ANALISIS LITERASI MEMBACA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.317Keywords:
Literasi, Membaca, Pembelajaran Daring, Covid19Abstract
Literasi membaca mahasiswa dalam kondisi pandemi covid19 menjadi salah satu hal penting diketahui, mengingat sebagian besar aktivitas belajar mahasiswa dilaksanakan melalui daring. Penumbuhan minat baca merupakan hal fundamental bagi pengembangan kemampuan literasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi membaca mahasiswa selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid19 di STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu. Penelitian ini merupakan jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nahdlaltul Ulama Indramayu yang berjumlah 50 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan literasi membaca mahasiswa selama pembelajaran daring (online) pada masa pandemi covid19 di STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu yaitu: 1) Penggunaan media sosial sebagai sarana untuk belajar mahasiswa pada masa pandemi covid19; 2) Waktu yang digunakan mahasiswa untuk membaca selama pembelajaran daring (online) yaitu ketika menghadapi ujian/quiz; 3) Jenis bacaan yang sering digunakan pada masa pandemi covid19 adalah buku referensi tentang bahasa dan sastra Indonesia; 4) Waktu yang tepat untuk membaca selama pembelajaran daring (online) adalah pada malam hari; 5) Sangat setuju bahwa dengan kegiatan membaca membuat wawasan bertambah walapun pembelajaran dilakukan secara daring (Online) selama masa pandemi covid19.