ANALISIS PENGGUNAAN CAMPUR KODE DALAM KONTEN WANDERLEARN PADA AKUN TIKTOK ERANITRI

Authors

  • Mia Resti Fauzi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sinta Rosalina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.394

Keywords:

Bentuk, Campur Kode, Fungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas penggunaan campur kode dalam konten Wanderlearn pada akun TikTok @eranitri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa tuturan yang mengandung campur kode. Sumber data dalam penelitian ini adalah video konten Wanderlearn pada akun TikTok @eranitri yang diunggah di bulan Maret, Juni, dan Agustus 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konten Wanderlearn pada akun TikTok @eranitri terjadi penggunaan campur kode keluar (outer code mixing) dengan unsur serapan bahasa Inggris. Campur kode keluar yang terjadi berupa tataran kata, frasa, dan klausa. Kemudian, fungsi campur kode dalam konten Wanderlearn pada akun TikTok @eranitri, yaitu: 1) menyampaikan informasi, 2) menjelaskan, 3) afektif (mengekspresikan perasaan), dan 4) persuasif (membujuk).

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Fauzi, M. R., & Rosalina, S. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN CAMPUR KODE DALAM KONTEN WANDERLEARN PADA AKUN TIKTOK ERANITRI. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 335–345. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.394