PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI NOVEL MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN BAGI SISWA KELAS XI DI SMAN I SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Rustam Effendi Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v1i1.42

Keywords:

Keterampilan Menulis, Resensi, Novel, Teknik Peta Pikiran

Abstract

Keterampilan menulis resensi novel bagi siswa perlu diajarkan dengan baik. Karena lewat keterampilan menulis resensi itulah diharapkan siswa dapat memulai mencintai karya sastra. Membaca novel merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam konteks pembelajaran sastra di sekolah. Pembelajaran sastra di sekolah kerap menjadi masalah bila tidak  diajarkan dengan baik oleh guru. Guru perlu memilih metode atau teknik pembelajaran sastra yang tepat. Teknik peta pikiran dalam mengasah keterampilan menulis resensi novel diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah itu. Artikel hasil penelitian ini membahas peningkatan keteranmpilan menulis novel bagi siswa kelas XI di SMAN I Sindang Kabupaten Indramayu melalui teknik peta pikiran. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen semu. Artinya, membandingkan kelas eksperiman dengan kelas kontrol dengan perlakuan teknik yang berbeda dalam menulis resensi novel. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa menulis resensi novel bagi siswa kelas XI di SMAN I Sindang Kabupaten Indramayu dengan teknik peta pikiran efektif.

 

Kata kunci: keterampilan menulis, resensi, novel, teknik peta pikiran.

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Effendi, R. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI NOVEL MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN BAGI SISWA KELAS XI DI SMAN I SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31943/bi.v1i1.42