PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERAMAH BERTEMA LINGKUNGAN SOSIAL BERBASIS LECTORA INSPIRE

Authors

  • Hasna Nabilah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lutfi Syauki Faznur Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.433

Keywords:

teaching materials, lectora inspire, social environment

Abstract

ABSTRAK

 

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh pemahaman peserta didik dalam menentukan topik permasalahan aktual dan struktur kaidah kebahasaan menulis teks ceramah tergolong rendah, karena guru cenderung tidak menggunakan media yang menarik sehingga peserta didik mudah bosan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan bahan ajar teks ceramah bertema lingkungan sosial berbasis Lectora Inspire serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan. Pada penelitian ini menerapkan metode penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Parung dengan subjek penelitian kelas XI dan menggunakan dua kelas, yakni kelas skala kecil di XI IPS 6 dan kelas skala besar di XI IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks ceramah berbasis Lectora Inspire ini valid dan praktis untuk digunakan. Hasil skor rata-rata penelitian ini yaitu, pada penilaian ahli media 96% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli materi 93% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli bahasa 100% dengan kategori sangat valid, uji coba kelas skala besar 86,90% dengan kategori sangat praktis, dan hasil angket respons guru 100% dengan kategori sangat praktis.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Lectora Inspire, Lingkungan Sosial

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Nabilah, H., & Faznur, L. S. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERAMAH BERTEMA LINGKUNGAN SOSIAL BERBASIS LECTORA INSPIRE . Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 439–450. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.433