PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA WATTPAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS X SMAN 6 BOGOR

Authors

  • Restu Firman Sari Universitas Pakuan
  • Rina Rosdiana Universitas Pakuan, Bogor
  • R. Yanti Widiya Mulya SMA Negeri 6 Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.448

Keywords:

menulis, puisi, wattpad, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangun puisi, seperti kesesuaian dengan tema, ketepatan diksi, penggunaan pengimajian, dan penggunaan gaya bahasa pada peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 6 Bogor setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning dan aplikasi Wattpad. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan nontes. Hasil dari penelitian ini, yaitu model pembelajaran problem based learning dan aplikasi Wattpad dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik X MIPA 4 SMAN 6 Bogor dilihat dari masing-masing aspek penilaian. Aspek kesesuaian tema dengan isi puisi pada siklus 1 sebesar 87,50 kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 97,92. Selanjutnya, aspek diksi pada siklus 1 sebesar 71,88 mengalami peningkatan menjadi 93,75 pada siklus 2. Selain itu, aspek pengimajian pada siklus 1 sebesar 63,54 kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 71,88. Terakhir, aspek gaya bahasa  pada siklus 1 sebesar 71,99 mengalami peningkatan menjadi 73,96 pada siklus 2. Sementara itu, jika dilihat dari rata-rata nilai kelas secara keseluruhan, rata-rata nilai awal peserta didik X MIPA 4 SMAN 6 Bogor sebesar 65,63  kemudian meningkat menjadi 73,70 pada siklus 1, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,38.

Kata kunci: Menulis, Puisi, Wattpad, Problem Based Learning

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Sari, R. F., Rosdiana, R. ., & Mulya, R. Y. W. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA WATTPAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS X SMAN 6 BOGOR. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 516–529. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.448