PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA SISWA

Authors

  • Saroni Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v1i1.45

Keywords:

perpustakaan, minat baca siswa

Abstract

Anak  merupakan  investasi  yang  paling  berharga  bagi  setiap  orang  tua. Karena  dengan  hadirnya  seorang  anak  akan  menimbulkan  berbagai  harapan di dalam  benak  setiap  orang  tua.  Setiap  orang tua  juga  menginginkan  anak-anak mereka cerdas dan memiliki wawasan  yang luas, dan kecerdasan dapat dipupuk dalam  diri  anak  sejak  usia  dini.  Menumbuh  kembangkan  minat baca  anak  pada usia  dini  adalah  dengan membaca, jika anak  dapat  membaca  sejak  usia  dini,  maka  hal  itu  dapat  membuka  wawasan mereka lebih jauh lagi. Prestasi siswa  yang  tinggi  merupakan  dampak  dari  keberadaan perpustakaan di sekolah. Prestasi yang tinggi karena keterampilan siswa dalam membaca dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan yang ada di perpustakaan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya  fasilitas  perpustakaan  yang  memadai,  rendahnya  ketrampilan pustakawan dibeberapa perpustaan sekolah.

        Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah, perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah. Dijenjang pendidikan    pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Rumusan masalah karya tulis ilmiah ini adalah (1)   Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ? dan (2)     Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan minat baca siswa? Data diperoleh melalui studi kepustakaan.

        Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah; (2) perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua   jenjang pendidikan; dan (3)    Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Rekomendasi yang diajukan adalah (1) sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya dan (2) Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.

 

Keywords : Perpustakaan, Minat Baca Siswa

Downloads

Published

2016-09-01

How to Cite

Saroni. (2016). PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA SISWA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.31943/bi.v1i1.45