ANALISIS UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA BUNGA RUMAH MAKAN KARYA UTUY TATANG SONTANI DAN IMPLEMENTASI SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Authors

  • Yeni Cania Universitas Pasundan
  • Jaya Jaya Universitas Pasundan
  • Dindin Muhammad Z M Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.463

Keywords:

Naskah drama Bunga Rumah Makan, Unsur instrinsik, bahan ajar

Abstract

penelitian ini untuk menganalisis unsur intrinsik dalam naskah drama Bunga Rumah Makan karya Utuy Tatang Sontani dan implementasi sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di sekolah. Penulis merumuskan masalah yang penulis ajukan yaitu: 1) Bagaimanakah unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam naskah drama Bunga Rumah Makan karya Utuy Tatang Sontani?; 2) Apakah drama Bunga Rumah Makan karya Utuh Tatang Sontani sesuai dengan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah?; 3) Pada tingkatan mana Bunga Rumah Makan karya Utuy Tatang Sontani cocok diterapkan dalam pembelajaran?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama yang berjudul Bunga Rumah Makan karya Utuy Tatang Sontani.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
teknik deskriptif-kualitatif yang diimplementasikan dalam penelitian ini meliputi: membaca, mengolah data, penyajian data, prosedur analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa dalam naskah drama Bunga Rumah Makan karya Utuy Tatang Sontani terdapat unsur intrinsik yang terdiri dari 2 tema, 11 tokoh dan penokohan, 4 alur atau plot, 3 latar/setting, 1 dialog, dan 2 amanat. Unsur intrinsik yang ditemukan pada naskah drama Bunga Rumah Makan karya Utuy Tatang Sontani menunjukkan bahwa naskah tersebut dapat
diimplementasikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra pada jenjang SMA kelas XI.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Cania, Y., Jaya, J., & M, D. M. Z. (2023). ANALISIS UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA BUNGA RUMAH MAKAN KARYA UTUY TATANG SONTANI DAN IMPLEMENTASI SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 620–632. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.463