KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA NAGA EMAS DANAU RANAU KARYA YULFI ZAWARNIS

Authors

  • Tri Yuliana Universitas Muria Kudus
  • Naning Zuaria Kusuma Mastuti Universitas Muria Kudus
  • Rani Setiawaty Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.523

Keywords:

sastra anak, kontribusi, nilai personal, nilai pendidikan

Abstract

Sastra anak merupakan karya sastra yang ditulis berdasarkan sudut pandang anak sebagai pusat penceritaan yang menggambarkan perasaan dan pengalaman anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi nilai personal dan nilai pendidikan dalam buku cerita Naga Emas Danau Ranau. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan pencatatan. Data dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan penggalan paragraph dalam buku cerita Naga Emas Danau Ranau karya Yulfi Zawarnis yang dipublikasikan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Pertama, buku cerita ini memuat nilai personal meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan imajinasi, pertumbuhan rasa sosial, pertumbuhan rasa etis dan religius. Kedua, nilai pendidikan dalam buku ini meliputi nilai rasa ingin tahu, peduli sosial, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, kerja keras, dan tanggung jawab.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Yuliana, T., Mastuti, N. Z. K., & Setiawaty, R. (2024). KAJIAN SASTRA ANAK: KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA NAGA EMAS DANAU RANAU KARYA YULFI ZAWARNIS. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 88–99. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.523