PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JAMPANGKULON TAHUN AJAR 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.565Keywords:
Media Edpuzzle, teks prosedur, menulisAbstract
Penelitian pengaruh panggunaan media pembelajaran Edpuzzle terhadap kemapuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jampangkulon bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran Edpuzzle terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Jampangkulon tahun ajar 2022/2023 yang berjumlah 36 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai perbandingan nilai penggunaan media Edpuzzle terhadap kemampuan menulis teks prosedur kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Jampangkulon dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Edpuzzle rata-rata nilai yang didapatkan oleh siswa masih dalam kategori rendah dan setelah menggunakan media pembelajaran Edpuzzle rata-rata nilai siswa berada dalam kategori tinggi. Diketahui bahwa nilai rata-rata hasil pretest sebesar 74,63 dan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 89,63 dimana nilai posttest tersebut lebih tinggi dari nilai pretest. Selanjutnya berdasakan analisis statistic menggunakan rumus uji-t, diketahui thitung yang diperoleh adalah 7,57 dengan frekuensi 36-1=35, pada tarif signifikan 0,05 atau 5% diperoleh ttabel adalah 2,042. Jadi Thitung Ttabel atau H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Edpuzzle memberikan pengaruh baik terhadap kemampuan menulis siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Jampangkulon dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran Edpuzzle.