GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

Authors

  • Asih Riyanti Universitas Borneo Tarakan
  • Siti Rahmi Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.598

Keywords:

gerakan literasi, sekolah dasar, minat baca

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian campuran yaitu dengan kuantitatif dan deskriptif kualitatif yang bertujuan mengetahui keefektifan gerakan literasi di Sekolah Dasar 05 Tarakan untuk meningkatkan minat baca siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini yakni observasi, wawancara, angket, dan kuisioner. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terjadi adanya peningkatan minat baca siswa dari tahun 2021 ke tahun 2022. Program gerakan literasi membaca diwujudkan dalam pelaksanaan kegiatan 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai, menciptakan berbagai tulisan-tulisan yang memotivasi, nasihat, dan kata-kata bijak pada kotak sampah, dinding, pagar sekolah, dan tiang bangunan sekolah, adanya pojok baca di belakang sekolah, di kantin, dan penataan perpustakaan sekolah yang lebih banyak ditemukan beberapa tulisan yang di pigura di pajang di dinding. Hal tersebut guna meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar 05 Tarakan.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Riyanti, A., & Rahmi, S. (2024). GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 210–226. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.598