PERSEPSI PENONTON TERHADAP PERUSAHAAN GRAB (SUATU KAJIAN PSIKOPRAGMATIK)

Authors

  • Fikri Faturahman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Daman Huri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.618

Keywords:

Persepsi, Iklan Grab, Psikopragmatik

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat mencari dan menguraikan (1) jenis-jenis tindak tutur yang terdapat pada sepuluh iklan Grab dan; (2) persepsi penonton terhadap perusahaan Grab melalui sepuluh iklannya. Uraian yang disajikan dalam penelitian ini berupa data-data tuturan dan jenis tindak tuturnya serta hasil wawancara kepada siswa kelas VIII di SMPN 3 Cikarang Utara untuk menemukan persepsi mereka terhadap perusahaan Grab melalui sepuluh iklannya. Penelitian ini berhasil mengetahui hal-hal sebagai berikut: (1) Jenis-jenis tindak tutur pada sepuluh iklan Grab: (a) 53 tuturan tindak tutur langsung; (b) 23 tuturan tindak tutur tidak langsung; (c) 1 tuturan tindak tutur literal; (d) 54 tuturan tindak tutur tidak literal; (e) 18 tuturan tindak tutur langsung literal; (f) 4 tuturan tindak tutur tidak langsung literal; (g) 8 tuturan tindak tutur langsung tidak literal dan; (h) 5 tuturan tindak tutur tidak langsung tidak literal. (2) Persepsi penonton terhadap perusahaan Grab melalui sepuluh iklannya: (a) 65% informan memiliki persepsi bahwa perusahaan Grab merupakan perusahan yang kreatif; (b) 5% informan memiliki persepi bahwa perusahaan Grab merupakan perusahaan yang cepat berkembang; (c) 10% informan memiliki persepsi bahwa perusahaan Grab merupakan perusahaan yang aneh atau tidak biasa; (d) 5% informan memiliki persepsi bahwa perusahaan Grab merupakan perusahaan yang memberikan manfaat dan; (e) 15% informan memeiliki persepsi bahwa perusahaan Grab merupakan perusahaan yang keren.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Faturahman, F. ., & Huri, D. (2024). PERSEPSI PENONTON TERHADAP PERUSAHAAN GRAB (SUATU KAJIAN PSIKOPRAGMATIK). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 9(1), 254–266. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.618