PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERORIENTASI PADA PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) DI KELAS XI SMKN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.627Keywords:
Model RADEC, menulis, cerita pendek, kreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis cerita pendek dan kreativitas peserta didik kelas XI SMKN 3 Bandung pada materi pembelajaran menulis cerpen dengan memerhatikan unusr-unsur pembangun. Penelitian ini mendeskripsikan perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun antara kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran diskusi serta menguji efektivitas model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dalam pembelajaran menulis cerita pendek berorientasi pada pengembangan kreativitas peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, uji coba, observasi dan tes. Data yang dikumpulkan adalah hasil pretest, posttest dan penilaian kreativtias dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji wilcoxon adalah nilai Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dengan kelas kontrol yang menggunakan model diskusi. Adapun hasil dari uji mann whitney adalah Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya model RADEC efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek.