IDENTIFIKASI GEJALA DAN DAMPAK MUTISME SELEKTIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA

Authors

  • Fanisa Qorina Zahro Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.628

Keywords:

Mutisme selektif, teks drama, SMP Muhammadiyah 1 Jakarta

Abstract

Mutisme selektif merupakan gangguan berbahasa yang dapat terjadi pada anak-anak. Gangguan tersebut berdampak pada aspek-aspek, yaitu aspek sosial dan aspek pendidikan. Hal tersebut teridinetifikasi pada salah satu siswa SMP Muhammadiyah 1 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gejala dan dampak mutisme selektif siswa SMP Muhammadiyah 1 Jakarta dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran teks drama yang menuntut keterampilan berbicara dalam prosesnya. Data penelitian diperoleh melalui teknik simak libat cakap dengan peserta didik, observasi peserta didik, dan wawancara kepada teman peserta didik. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah menjadi narasi dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan studi kasus yang dilakukan peneliti, hasilnya menjelaskan bahwa M yang merupakan subjek penelitian dan peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Jakarta yang bergejala mustisme selektif dalam kegiatan berkomunikasi di sekolah cenderung menggunakan bahasa isyarat. Saat pembelajaran teks drama, M tidak dapat memberikan hasil pembelajaran sesuai yang diharapkan oleh guru khususnya ketika mengucapkan dialog atau ujaran.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Zahro, F. Q. (2024). IDENTIFIKASI GEJALA DAN DAMPAK MUTISME SELEKTIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA . Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 467–477. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.628