TINDAK TUTUR GURU WANITA DALAM MEMBERIKAN PUJIAN KEPADA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII MTS DARUL-ULUM
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.665Keywords:
tindak tutur, guru wanita, pujian, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur guru wanita dalam memberikan pujian pada siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII MTs Darul-Ulum. Tujuan penelitian ini, secara rinci disajikan dalam dua subtujuan, yaitu (1) mendeskripsikan wujud tindak tutur guru wanita dalam memberikan pujian pada siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas VIII MTs Darul-Ulum, (2) mendeskripsikan fungsi tindak tutur guru wanita dalam memberikan pujian pada siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII MTs Darul-Ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data bersumber dari bahasa yang berwujud ujaran dalam interaksi pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa tindak tutur guru wanita dalam memberikan pujian pada siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas VIII MTs Darul-Ulum terdapat dua fitur yang sering digunakan oleh guru wanita yaitu, 1) superpolite forms dan 2) question tags.