MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN SONDAH MANDAH (DAMAI SAMAN) DI KELAS 1 SD N BANTUL TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.668Keywords:
Kemampuan Menulis Permulaan, Model Think Pair Share, Media DAMAI SAMANAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan menulis permulaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) yang berbantuan dengan media DAMAI SAMAN (Permainan Sondah Mandah). Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas I dengan jumlah 28 anak. Selama proses penelitian dilaksanakan terdapat 2 siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan dengan model pembelajaran think pair share berbantuan media DAMAI SAMAN pada siklus 1, setelah diterapkan model pembelajaran think pair share hanya 15 peserta didik yang dapat mencapai kriteria ketuntasan. Keberhasilan tersebut jika dipresentasekan menjadi 53,71%. Kemudian pada siklus 2 terdapat 25 peserta didik yang dapat mencapai kriteria ketuntasan dengan presentase 89,28%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis permulaan dengan model think pair share berbantuan media DAMAI SAMAN berhasil diterapkan dalam pnelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan kemampuan menulis permulaan.