PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Laras Setianingrum Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Universitas Negeri Semarang
  • Arief Yulianto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.794

Keywords:

Media Kartu Kata, Keterampilan Membaca dan Menulis, Kelas 1

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara, keterampilan proses dan hasil belajar kognitif peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar masih tergolong rendah. Hal ini karena belum dimanfaatkannya media pembelajaran. Media pembelajaran kartu kata melatih siswa menyelesaikan permasalahan secara komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasy Eksperimen. Dengan Metode pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN komplek Sukapura. Sampel penelitian ini adalah SDN Sukapura 3 sebagai kelas eksperimen dan SDN Sukapura 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis kepada para siswa. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis deskriptif dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen pada keterampilan membaca adalah 97,53 dan pada keterampilan menulis 98.6. sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pada keterampilan membaca adalah 84.11 dan keterampilan menulis 82,35. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa keterampilan membaca dan menulis peserta didik yang menggunakan media kartu kata lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk respon peserta didik pada media kartu kata sangat senang dan antusias dalam pembelajaran di kelas.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Setianingrum, L. ., Sumartiningsih, S. ., & Yulianto, A. . (2024). PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 823–829. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.794