ANALISIS BENTUK DAN FUNGSI CAMPUR KODE DALAM LIRIK LAGU POP JAWA KARYA DENNY CAKNAN

Authors

  • Ahmad Syaifuddin Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
  • Ristiyani Ristiyani Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.812

Keywords:

Campur kode, Lirik lagu, Denny Caknan, youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk campur kode dalam lirik lagu pop Jawa karya Denny Caknan (2) mendeskripsikan fungsi campur kode dalam lirik lagu pop Jawa karya Denny Caknan. Pemilihan sumber data penelitian menggunakan akun Youtube Denny Caknan dikarenakan dalam akun Youtube tersebut terdapat lirik lagu atau karya Denny Caknan yang diunggah di media sosial. Dalam peneliti memfokuskan bentuk dan fungsi campur kode dalam teori Seowito (1995). Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1984) yang memiliki beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penegasan kesimpulan atau vertifikasi dan penyajian data. Dalam penelitian ini menggunakan teknik informal.

Hasil penelitian bentuk campur kode dan fungsi campur kode dalam lirik lagu pop Jawa karya Denny Caknan didapati penyisispan campur kode dalam bentuk kata, frasa, klausa dan perulangan. Fungsi campur kode yang digunakan adalah untuk menegaskan suatu maksut tertentu, untuk menunjukan identitas diri dan pengaruh terhadap persoalan yang dibicarakan.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Syaifuddin, A., Fathurohman, I., & Ristiyani, R. (2024). ANALISIS BENTUK DAN FUNGSI CAMPUR KODE DALAM LIRIK LAGU POP JAWA KARYA DENNY CAKNAN. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 673–687. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.812