SUBALTERN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH DRAMA HAH KARYA PUTU WIJAYA

Authors

  • Ilma Oktafiana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Gerry Kadamehang Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0009-0004-5038-8629
  • Latifah Iryani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Aulia Cika Kartika Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.815

Keywords:

Drama, Gayatri Spivak, HAH, Postkolonialisme

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan adanya subaltern dalam naskah drama HAH karya Putu Wijaya dan nilai pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik membaca berulang dan menelaah bagian-bagian yang dianggap penting untuk diteliti. Penelitian ini juga didiskusikan dengan teman sejawat agar mendapatkan hasil yang sesuai. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya subaltern tokoh utama dalam lingkup sosial dan lingkup ekonomi. Tidak hanya berhenti di situ saja, bentuk perlawanan dari kaum subaltern juga ditemukan dalam penelitian ini, sehingga penulis menyisipkan nilai pendidikan karakter dalam empat kategori, yaitu: rendah hati, kerja keras, kesadaran, dan harga diri. Melalui penelitian ini diharapkan hasil yang didapatkan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca dan peneliti khususnya dalam bidang sastra Indonesia pengkajian naskah drama.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Oktafiana, I., Kadamehang, G., Iryani, L., & Kartika, A. C. (2024). SUBALTERN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH DRAMA HAH KARYA PUTU WIJAYA. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 700–714. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.815