TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) KELAS VII MTS NEGRI BALIKPAPAN

Authors

  • Anadifatul Chusnia Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gigit Mujianto Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.820

Keywords:

Tindak Tutur, direktif, Model Project Based Learning (Pjbl)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pertama untuk menemukan bentuk tindak tutur direktif guru beserta fungsi yang terdapat di dalam tuturannya; (2) mengetahui langkah-langkah guru dalam menerapkan Model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) MTs Negeri Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berwujud kata, frase, kalimat, dan ungkapan yang terdapat dalam vidio pembelajaran mahasiswa PPL 1 Universitas Muhammaiyah Malang. Sedangkan, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu vidio pembelajaran mahasiswa PPG Universitas Muhammaiyah Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan catatan transkrip. Analisis data yang digunakan dengan mengumpulkan data kemudian hasilnya disimpulakan.  Hasil penelitian ini yaitu a) adanya bentuk-bentuk tindak tutur direktif guru peneliti menggunakan teori Ibrahin, b) menunjukkan bahwa guru banyak menggunakan tindak tutur direktif permintaan, pertanyaan, persyaratan dan memberi nasihat. Kemudian adanya penerapan model project based learning (PJBL) ini siswa mampu menyelesaikan proyek dengan tepat waktu tanpa bergantung pada guru.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Chusnia, A. ., & Mujianto, G. . (2024). TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) KELAS VII MTS NEGRI BALIKPAPAN . Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 715–728. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.820