PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK DI FASE F

Authors

  • Resi Anggi Indah Lestari Universitas Jambi
  • Rustam Rustam Universitas Jambi
  • Arum Gati Ningsih Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.835

Keywords:

Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Hasil belajar, menganalisis cerpen

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran everyone is a teacher here. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada hasil belajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas F3 sebagai kelas kontrol dam F4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan hasil posttest  kelas kontrol dengan rata-rata 70,76 dengan standar deviasi 8,231 sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata yaitu 76,12 dengan standar deviasi 9,269. Hasil tersebut didapatkan berdasarkan uji prasyarat yaitu normalitas, homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan hasil sig 2 tailed 0,015 artinya kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan metode pembelajaran everyone is a teacher here menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada materi menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen.

Kata Kunci:Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar, Menganalisis Cerpen

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Lestari, R. A. I. ., Rustam, R., & Ningsih, A. G. . (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK DI FASE F. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 741–750. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.835