PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.927Keywords:
Project Based Learning , teks pidatoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII yang dilakukan di MTs Negeri 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2024. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah True Eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII K sebagai kelas kontrol yang sama-sama terdiri dari 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui teknik random sampling yaitu dengan mengundi populasi kelas VIII yang terdiri atas 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 192 siswa di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes menulis teks pidato pada kedua kelompok kelas. Diberikan perlakuan model pembelajaran project based learning pada kelas VIII J sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelompok kontrol yaitu kelas VIII K tidak diberikan perlakuan serupa. Data penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain untuk melihat dan mengukur pengaruh model pembelajaran project based learning melalui gain skor dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah gain skor didapat, dilakukan uji independent sample t test guna melihat apakah terdapat pengaruh signifikan yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dianaisis serta diuraikan dalam pembahasan. Maka data diperoleh dari hasil pretest-posttest pada kelas eskperimen yang mana penggunaan model pembelajaran project based learning berpengaruh pada penulisan teks pidato pada aspek struktur teks dan unsur kebahasaan. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 53,50 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 55,88. Kemudian nilai rata-rata posttest pada kelas konrol 64,31 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 79,34. Hasil uji T nilai signifikansi 2 tailed 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis nol Ho ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran project based learning memiliki pengaruh pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas VIII yang dilakukan di MTs Negeri 2 Kota Jambi.