ASESMEN FORMATIF BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: ANALISIS BIBLIOMETRIK
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.944Keywords:
asesmen digital, asesmen formatif, pembelajaran bahasaAbstract
Aktivitas asesmen formatif berbasis digital yang lebih efisien, interaktif, akomodatif dan reflektif untuk berbagai tujuan penilaian dalam pembelajaran bahasa Indonesia menjadi kebutuhan guru karena masih rendahnya kemampuan literasi dan indeks aktivitas literasi pada peserta didik di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk memberikan informasi dan memecahkan masalah tersebut melalui studi analisis bibliometrik terhadap topik asesmen formatif berbasis digital. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi tren publikasi ilmiah tentang asesmen formatif berbasis digital dalam pembelajaran bahasa. Metode yang digunakan bibliometric dengan mengumpulkan data artikel dari tahun 2000-2022 melalui jurnal dari database Scopus dan dicari dengan bantuan Perangkat lunak PoP (Publish or Perish). Hasil penelitian menunjukkan keterbatasan jurnal publikasi yang benar-benar memenuhi kriteria bersinggungan dengan asesmen digital, asesmen formatif dan asesmen pembelajaran bahasa. Hal ini menciptakan peluang kebaruan bagi peneliti untuk dapat mengkaji lebih lanjut asesmen formatif berbasis digital dalam pembelajaran bahasa.