PEMBELAJARAN IKLAN JASA BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA SMPN 4 BANGUNTAPAN
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.957Keywords:
Iklan jasa, Project based learning, Jiwa kewirausahaan, Keterampilan berbahasaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan berbahasa siswa melalui penulisan iklan jasa berbasis project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C dengan jumlah 31 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran iklan jasa dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan berbahasa siswa, khususnya pada keterampilan berbicara serta keterampilan menulis. Peningkatan jiwa kewirausahaan siswa kelas VIIIC dapat dilihat dari persentase pada setiap siklusnya, yaitu tahap prasiklus sebesar 59,74; tahap siklus I sebesar 79,78; dan tahap siklus II sebesar 87,26. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIIIC dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada setiap siklusnya, yaitu tahap prasiklus sebesar 25; tahap siklus I sebesar 57,14; dan tahap siklus II sebesar 85,71. Selanjutnya, peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIIIC dilihat dari rata-rata setiap siklusnya, yaitu tahap prasiklus sebesar 56; tahap siklus I sebesar 70,29; dan tahap siklus II sebesar 83,8. Maka dari itu, dapat disimpulkan pembelajaran teks iklan jasa berbasis project based learning berhasil untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dan keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan berbicara serta menulis pada siswa.