PEMANFAATAN MEDIA PROPROFS BRAIN GAMES DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PERSUASIF SISWA MTS NUR ASY-SYAFI’IYAH TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Nisa Aisyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nur Syamsiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1060

Keywords:

ProProfs Brain Games, menulis, persuasif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media ProProfs Brain Games dalam pembelajaran menulis persuasif siswa MTs Nur Asy-Syafi’iyah Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MTs Nur Asy-Syafi’iyah Tangerang Selatan memperoleh nilai rata-rata 77,8 yaitu pada kategori baik. Berdasarkan persentase dari 27 siswa terdapat 15 siswa atau 55,5% mendapat nilai dalam kategori baik sekali, terdapat 11 siswa atau 40,7%  mendapat nilai dalam kategori baik, terdapat 1 siswa atau 3,7% mendapat nilai dalam kategori kurang, dan tidak ada siswa yang mendapat nilai dalam kategori cukup dan gagal. Nilai tertinggi yang didapat siswa yaitu 90 dan nilai terendah yaitu 50. Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi ProProfs Brain Games cukup efektif dan mampu menghasilkan nilai yang tergolong baik dalam pembelajaran menulis persuasif.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Aisyah, N., & Syamsiyah, N. (2025). PEMANFAATAN MEDIA PROPROFS BRAIN GAMES DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PERSUASIF SISWA MTS NUR ASY-SYAFI’IYAH TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 . Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 10(2), 377–392. https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1060