PENGGUNAAN MEDIA FILM SANG KIAI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Ifan Setiawan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nur Syamsiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.325

Keywords:

Sang Kiai, Menulis, Teks Biografi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks biografi  menggunakan media film Sang Kiai pada siswa kelas VIII BB SMP Negeri 3 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023; 2) Mengetahui dan mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks biografi menggunakan media film Sang Kiai pada siswa kelas VIII BB SMP Negeri 3 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa hal, di antaranya observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Aspek yang dinilai dalam menulis teks biografi berdasarkan film Sang Kiai yaitu  kualitas isi teks biografi, kelengkapan dan kesesuian struktur teks biografi, dan penggunaan bahasa teks biografi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII BB di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan mendapatkan nilai rata-rata secara umum, yaitu pada kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dalam analisis data siswa. Hasilnya terdapat 17 siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik, 7 siswa  memperoleh nilai pada kategori baik, dan tidak ada siswa memperoleh nilai dengan kategori cukup ataupun pada kategori kurang. Dengan demikan, dapat dibuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis film Sang Kiai efektif  atau mampu menghasilkan nilai yang tergolong baik dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas VIII BB SMP Negeri 3 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: sang kiai, menulis, dan teks biografi

ABSTRACT

This study aims to: 1) Identify and describe the learning process for writing biographical texts using Sang Kiai film media in class VIII BB SMP Negeri 3 South Tangerang in the academic year 2022/2023; 2) Knowing and describing the results of learning to write biographical texts using Sang Kiai film media for class VIII BB students of SMP Negeri 3 South Tangerang in the academic year 2022/2023.

The research method used is  qualitative descriptive  method. Data collection techniques in this study consisted of several things, including observation, interviews, tests, and documentation. The aspects assessed in writing a biographical text based on the film Sang Kiai are the quality of the content of the biographical text, the completeness and suitability of the structure of the biographical text, and the use of the language of the biographical text.

The results showed that the students of class VIII BB at SMP Negeri 3 South Tangerang got an average score in general, namely in the very good category. This can be seen from the results of research in student data analysis. The result is that there are 17 students getting a score in the very good category, 7 students or getting a score in the good category, and no students getting a score in the sufficient category or in the less category. Thus, it can be proven that the use of Sang Kiai's film-based learning media is effective or able to produce scores that are classified as good in learning to write biographical texts for class VIII BB SMP Negeri 3 South Tangerang Academic Year 2022/2023.

Keywords: sang kiai, writing, and biographical text

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Setiawan, I., & Syamsiyah, N. (2023). PENGGUNAAN MEDIA FILM SANG KIAI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 205–219. https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.325