EFEKTIVITAS METODE HYPNOTIC SPEED WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI CERPEN

Authors

  • Nana Triana Winata Universitas Wiralodra
  • Imas Juidah Universitas Wiralodra
  • Ine Musfiroh Saniyatunisa Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.1230

Keywords:

Hypnotic Speed Writing, menulis resensi, pembelajaran bahasa

Abstract

Menulis resensi cerpen merupakan salah satu keterampilan menulis yang menuntut kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sistematis. Namun, banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis resensi karena kurangnya pemahaman struktur, minimnya ide, serta rendahnya motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode hypnotic speed writing dalam meningkatkan keterampilan menulis resensi cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, dengan subjek penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan metode hypnotic speed writing dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji statistik t-test for Equality of Means. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai pretest 72 meningkat menjadi 88 pada posttest. Sementara itu, pada kelas kontrol, rata-rata nilai hanya meningkat dari 70 menjadi 80. Hasil uji t-test menunjukkan nilai t = -14.868 dengan Sig. (2-tailed) = 0.000, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, metode hypnotic speed writing terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis resensi cerpen dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode hypnotic speed writing dalam pembelajaran menulis untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas peserta didik.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Winata, N. T., Juidah, I., & Saniyatunisa, I. M. . (2025). EFEKTIVITAS METODE HYPNOTIC SPEED WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI CERPEN. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia , 10(1), 235–244. https://doi.org/10.31943/bi.v10i1.1230

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>