KESALAHAN BERBAHASA DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Sri Wahyuni Uiversitas Khairun Ternate
  • Merri Silvia Basri Universitas Riau
  • M. Nur Hakim Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.151

Keywords:

Kesalahan berbahasa, pembelajaran daring, kegiatan diskusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam kegiatan diskusi pada pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa kata yang terdapat kesalahan berbahasa pada aspek ejaan, tanda baca, dan pemakaian kata. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, simak, dan catat. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari pengumpulan data tertulis, proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil interpretasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam kegiatan diskusi mahasiswa pada pembelajaran daring ditemukan kesalahan berbahasa pada aspek ejaan, tanda baca, dan pemakaian kata. Sebanyak 30 data kesalahan berbahasa yang menjadi temuan, yang mencakup: (1) penggunaan huruf kapital ditemukan 12 kesalahan; (2) penggunaan tanda titik ditemukan 5 kesalahan; (3) penggunaan tanda tanya ditemukan 5 kesalahan; (4) penulisan bentuk ulang ditemukan 3 kesalahan; dan (5) penulisan kata ditemukan 5 kesalahan.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Wahyuni, S., Basri, M. S. ., & Hakim, M. N. (2022). KESALAHAN BERBAHASA DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA PEMBELAJARAN DARING. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 29–39. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.151