ANALISIS ISU GENDER DALAM RUBRIK GERBANG SEKOLAH DI MEDIA DARING RADAR KARAWANG EDISI JANUARI SAMPAI JUNI 2021
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v8i1.167Keywords:
Isu Gender, Teks Berita, Media DaringAbstract
Masalah gender dan pendidikan merupakan suatu fenomena yang saling terkait. Hal ini berkaitan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Menurut Fakih (2013: 13-23), ketidakadilan gender terbagi kedalam lima bentuk yaitu, gender dan marginalisasi perempuan, gender dan subordinasi, gender dan stereotipe, gender dan kekerasan, serta gender dan beban kerja. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu: Mendeskripsikan analisis isu gender dalam rubrik Gerbang Sekolah di media daring Radar Karawang edisi Januari sampai Juni 2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan gender. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan 5 berita yang mengandung isu gender di antaranya terdapat bentuk ketidakadilan gender. Pada berita I/7Jan terdapat bentuk subordinasi dan stereotipe, berita II/9Mar terdapat bentuk beban ganda, berita IV/7Apr terdapat bentuk stereotipe dan marginalisasi, serta berita V/8Jun terdapat bentuk beban kerja dan stereotipe.