PENGARUH MEDIA YOUTUBE, MOTIVASI, DAN LITERASI MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH

Authors

  • Marlina Bakri Universitas Cokroaminoto Palopo
  • M. Nur Hakim Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Harsia Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.220

Keywords:

Media Youtube, Motivasi Belajar, Literasi Membaca, Menulis Ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Youtube, Motivasi, dan Literasi Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian survei dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Variabel yang dikaji terdiri atas empat variabel yaitu tiga variabel eksogen dan satu variabel endogen. Variabel eksogen terdiri atas media Youtube (X1), Motivasi (X2), dan Literasi Membaca (X3). Variabel endogen terdiri atas Kemampuan Menulis Ilmiah (Y). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel eksogen memberikan pengaruh sebesar 0.179 atau 17,90%. Nilai persentase tersebut menunjukkan besar pengaruh dari X1, X2, dan X3  terhadap kemampuan Y secara bersama-sama (gabungan), sedangkan sisanya dipengaruh oleh faktor lain.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Bakri, M., M. Nur Hakim, & Harsia. (2022). PENGARUH MEDIA YOUTUBE, MOTIVASI, DAN LITERASI MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH . Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 328–337. https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.220