PENGARUH MEDIA YOUTUBE, MOTIVASI, DAN LITERASI MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.220Keywords:
Media Youtube, Motivasi Belajar, Literasi Membaca, Menulis IlmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Youtube, Motivasi, dan Literasi Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian survei dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Variabel yang dikaji terdiri atas empat variabel yaitu tiga variabel eksogen dan satu variabel endogen. Variabel eksogen terdiri atas media Youtube (X1), Motivasi (X2), dan Literasi Membaca (X3). Variabel endogen terdiri atas Kemampuan Menulis Ilmiah (Y). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel eksogen memberikan pengaruh sebesar 0.179 atau 17,90%. Nilai persentase tersebut menunjukkan besar pengaruh dari X1, X2, dan X3 terhadap kemampuan Y secara bersama-sama (gabungan), sedangkan sisanya dipengaruh oleh faktor lain.