PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM S ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MENYAMPAIKAN IDE MELALUI ANEKDOT
DOI:
https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.465Keywords:
model, student teams achivement division, anekdotAbstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyampaikan ide melalui anekdot. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan pelaksanaan yaitu: (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. analisis data dalam penelitian ini, yaitu (1) analisis data kuantitatif, berupa nontes diantaranya: (a) observasi dan (b) dokumentasi.Ketuntasan pencapaian penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyampaikan ide melalui anekdot di kelas X IPA SMA YPK Immanuel Manokwari pada tahap prasiklus, dengan capaian murid yang tuntas sebanyak 5 siswa (17,24%) dan terjadi peningkatan pada tahap siklus I yaitu sebanyak 20 siswa (68,97%). Pada tahap siklus II yaitu sebanyak 20 siswa (68,97%). Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyampaikan ide melalui anekdot di kelas X IPA SMA YPK Immanuel Manokwari mengalami peningkatan yang stabil