PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM S ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MENYAMPAIKAN IDE MELALUI ANEKDOT

Authors

  • Akhiruddin Akhiruddin Universitas Papua
  • Insum Malawat Universitas Papua
  • Nursalam Nursalam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon,

DOI:

https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.465

Keywords:

model, student teams achivement division, anekdot

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyampaikan ide melalui anekdot. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan pelaksanaan yaitu: (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. analisis data dalam penelitian ini, yaitu (1) analisis data kuantitatif, berupa nontes diantaranya: (a) observasi dan (b) dokumentasi.Ketuntasan pencapaian penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyampaikan ide melalui anekdot di kelas X IPA SMA YPK Immanuel Manokwari pada tahap prasiklus, dengan capaian murid yang tuntas sebanyak 5 siswa (17,24%) dan terjadi peningkatan pada tahap siklus I yaitu sebanyak 20 siswa (68,97%). Pada tahap siklus II yaitu sebanyak 20 siswa (68,97%). Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyampaikan ide melalui anekdot di kelas X IPA SMA YPK Immanuel Manokwari mengalami peningkatan yang stabil

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Akhiruddin, A., Malawat, I., & Nursalam, N. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM S ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MENYAMPAIKAN IDE MELALUI ANEKDOT. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 720–737. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.465